Jakarta: Belakangan ini kian banyak pemilik mobil, memanfaatkan layanan home service, karena sudah terbiasa beraktivitas di rumah saat pandemi Covid-19. Sehingga layanan home service pun perlu ditingkatkan dan semakin pelayanannya agar konsumen lebih nyaman.
Business Process Improvement & Toyota Home Service (THS) Department Head Auto2000, Yusuf Bahtiar, menjelaskan perusahaan makin melengkapi layanan servis kunjungnya dengan sejumlah hal. Khususnya dari aspek mekanik yang hadir harus bisa mengakomodir berbagai layanan dan kebutuhan konsumen.
“Kami datang berdasarkan harapan pelanggan, agar semakin mudah. Dalam mobil THS ada satu frontline, satu partman dan satu mekanik. Kami bungkus mekaniknya ini komplit, bisa all around. Bisa servis, greeting, bertanya dan lainnya. Melakukan servis, sekaligus menjalankan administrasi,” urai Yusuf di Yos Sudarso, Jakarta Utara, Minggu (10/9/2023).
Mekanik tersebut biasanya juga mekanik General Repair (GR), punya jam terbang tinggi, serta training dan skill tertentu yang kemudian di assessment. Menurutnya, kalau sudah menjadi mekanik di layanan servis kunjung, harus mau berinteraksi dengan pelanggan.
“Sertifikasi skill-nya juga sudah lanjut karena dia sendirian dan harus mandiri di lapangan,” lanjutnya.
Layanan servis kunjung tersebut saat ini sanggup melakukan pergantian oli, aki, hingga melakukan servis berkala. Karena sudah dilengkapi fasilitas wheel balancer dan masuk ke area dengan pemakaian 40.000 Km – 80.000 Km.
“Layanan ini kalau diibaratkan mobil angkot, dia ngider. Jadi kami setting agar efisien dan efektif dari sisi kami dan pelanggan,” tukas Yusuf.
Sementara CSD & Marcomm Department Head Auto2000, Cahaya Fitri T, menambahkan kalau mekanik armada servis kunjung perusahaannya mendapat training khusus karena harus berhadapan dengan pelanggan dari proses awal sampai akhir.
“Biasanya layanan THS akan menggali dulu apa saja keluhan pelanggan, sebelum datang ke rumah. Sehingga bisa mempersiapkan suku cadang yang dibutuhkan kendaraan pelanggan,” ungkapnya. Ke depannya, seiring perkembangan teknologi elektrifikasi, tak menutup kemungkinan mobil THS bisa membawa charging station. Tentunya mempersiapkan armada dengan spek kendaraan berdimensi lebih besar.
Kontes Pelayanan Purna Jual
Untuk meningkatkan kompetensi petugas layanan purna jual, dan melihat seberapa andal petugas purna jual di posisi masing-masing. Auto2000 kemudian mengadakan kontes tingkat nasional dari seluruh cabang di Indonesia. Pemenang akan mewakili kontes dealer tingkat nasional yang rutin digelar setiap tahun oleh PT Toyota-Astra Motor (TAM).
Kontes kali ini terdiri atas 5 kategori, yaitu Service Advisor, Foreman, Partsman, THS - Auto2000 Home Service, dan Teknisi General Repair. Babak final diadakan di cabang Yos Sudarso selama tiga hari (8–10/9/2023) dengan penilaian teori, praktek, dan role play yang ketat.
Sebelumnya, sekitar 565 kontestan berlaga di tingkat cabang. Untuk mencari 445 kontestan tingkat nasional tahap pertama. Selanjutnya diperoleh 110 kontestan, bersaing di tahap kedua. Akhirnya 30 finalis dari 5 kategori tersebut kontes di tahap final. (Autogear.id/Alun Segoro)
Jakarta: Belakangan ini kian banyak pemilik mobil, memanfaatkan layanan home service, karena sudah terbiasa beraktivitas di rumah saat pandemi Covid-19. Sehingga layanan home service pun perlu ditingkatkan dan semakin pelayanannya agar konsumen lebih nyaman.
Business Process Improvement & Toyota Home Service (THS) Department Head Auto2000, Yusuf Bahtiar, menjelaskan perusahaan makin melengkapi layanan servis kunjungnya dengan sejumlah hal. Khususnya dari aspek mekanik yang hadir harus bisa mengakomodir berbagai layanan dan kebutuhan konsumen.
“Kami datang berdasarkan harapan pelanggan, agar semakin mudah. Dalam mobil THS ada satu frontline, satu partman dan satu mekanik. Kami bungkus mekaniknya ini komplit, bisa all around. Bisa servis, greeting, bertanya dan lainnya. Melakukan servis, sekaligus menjalankan administrasi,” urai Yusuf di Yos Sudarso, Jakarta Utara, Minggu (10/9/2023).
Mekanik tersebut biasanya juga mekanik General Repair (GR), punya jam terbang tinggi, serta training dan skill tertentu yang kemudian di assessment. Menurutnya, kalau sudah menjadi mekanik di layanan servis kunjung, harus mau berinteraksi dengan pelanggan.
“Sertifikasi skill-nya juga sudah lanjut karena dia sendirian dan harus mandiri di lapangan,” lanjutnya.
Layanan servis kunjung tersebut saat ini sanggup melakukan pergantian oli, aki, hingga melakukan servis berkala. Karena sudah dilengkapi fasilitas wheel balancer dan masuk ke area dengan pemakaian 40.000 Km – 80.000 Km.
“Layanan ini kalau diibaratkan mobil angkot, dia ngider. Jadi kami setting agar efisien dan efektif dari sisi kami dan pelanggan,” tukas Yusuf.
Sementara CSD & Marcomm Department Head Auto2000, Cahaya Fitri T, menambahkan kalau mekanik armada servis kunjung perusahaannya mendapat training khusus karena harus berhadapan dengan pelanggan dari proses awal sampai akhir.
“Biasanya layanan THS akan menggali dulu apa saja keluhan pelanggan, sebelum datang ke rumah. Sehingga bisa mempersiapkan suku cadang yang dibutuhkan kendaraan pelanggan,” ungkapnya. Ke depannya, seiring perkembangan teknologi elektrifikasi, tak menutup kemungkinan mobil THS bisa membawa charging station. Tentunya mempersiapkan armada dengan spek kendaraan berdimensi lebih besar.
Kontes Pelayanan Purna Jual
Untuk meningkatkan kompetensi petugas layanan purna jual, dan melihat seberapa andal petugas purna jual di posisi masing-masing. Auto2000 kemudian mengadakan kontes tingkat nasional dari seluruh cabang di Indonesia. Pemenang akan mewakili kontes dealer tingkat nasional yang rutin digelar setiap tahun oleh PT Toyota-Astra Motor (TAM).
Kontes kali ini terdiri atas 5 kategori, yaitu Service Advisor, Foreman, Partsman, THS - Auto2000 Home Service, dan Teknisi General Repair. Babak final diadakan di cabang Yos Sudarso selama tiga hari (8–10/9/2023) dengan penilaian teori, praktek, dan role play yang ketat.
Sebelumnya, sekitar 565 kontestan berlaga di tingkat cabang. Untuk mencari 445 kontestan tingkat nasional tahap pertama. Selanjutnya diperoleh 110 kontestan, bersaing di tahap kedua.
Akhirnya 30 finalis dari 5 kategori tersebut kontes di tahap final. (Autogear.id/Alun Segoro) Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(UDA)