Jakarta: Menjelang Mentari beranjak ke peraduan, tester driver Autogear berkesempatan untuk mencicipi sejenak performa KIA EV6. Sebuah mobil listrik yang baru saja diperkenalkan untuk pasar mobil listrik dengan harga sampai Rp1,299 miliar (on the road DKI Jakarta).
EV6 yang diuji coba kali ini berwarna biru laut atau biru dongker. Sekilas melihatnya, tak menggambarkan sosok kendaraan listrik dari aura eksteriornya. Lebih mengesankan mobil SUV yang begitu sporty, dengan guratan-guratan tajam di sejumlah sudutnya.
Tanpa buang waktu, mengingat waktu telah menjelang Maghrib, segera masuk ke dalam kokpitnya. Mulai sedikit terpukau dengan banyaknya jajaran tombol fitur yang terdapat di interiornya.
Ketika sedikit demi sedikit mulai menyentuh beberapa tombol fiturnya, ternyata mobil ini tetap user friendly. Layaknya electric vehicle pada umumnya, tapi tentunya dengan teknologi jauh di atas rata-rata.
Mulai putar knop di sebelah kiri, geser dari tanda P ke D. Lalu injak pedal rem dan tekan tombol start, lembut suaranya seketika.
Perlahan injak gas, sedikit bergerak pelan-pelan, maklum masih di area parkiran sebuah pameran Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) yang di sisi kanan dan kirinya berjajar rapi mobil test drive yang menunggu tamu.
Sambil berkendara, kutak-kutik perangkat fitur yang ada di dalam kabinnya. Tombol sunroof mobil ini berada di atas spion tengah. Geser mundur, terbuka atap mobil ini menyisakan kaca sunroof. Geser sekali lagi, terbuka kaca sunroof, langsung terpampang langit senja yang menakjubkan di atas kita.
Pada area uji berkendara, ada sedikit trek lurus dua arah. Tepatnya di area parkir timur Senayan, yang berada di depan Hotel Sultan. Di sini kesempatan menjajal fitur drive mode mulai dari Eco, Normal dan Sporty.
Mode Eco rasanya seperti mengendarai mobil listrik pada umumnya. Buat hemat baterai, Lanjut ke mode Normal seperti mengendarai mobil konvensional.
Berbeda ketika digeser ke mode Sport. Tanpa diurut, langsung injak pedal gas, badan langsung tertarik mundur, punggung menempel ke sandaran kursi. Terasa dijambak oleh besarnya torsi EV6 yang mencapai 740 Nm.
Bayangkan kalau ini mobil sport konvensional, suara mesin pasti terdengar menderu di luar. Tapi karena ini mobil listrik, pengguna jalan lain tampak anteng saja, seolah tak terganggu.
Selain performa, EV6 juga dibekali dengan fitur yang bisa parkir sendiri, dengan atau tanpa pengemudi di dalamnya.
Tester driver Autogear menggunakan remote yang membuat otomatis mobil ini parkir sendiri. Lurus, tidak keluar garis batas parkir. Sewaktu melihat mobil ini parkir sendiri, kembali mengingatkan akan film serial televisi lawas, Knight Rider.
Nah berhubung langit kian gelap, waktunya mengembalikan EV6 ke area parkirnya. Sebagai sebuah mobil listrik, EV6 menawarkan desain yang sporty, performa yang kuat, serta kemudahan dalam parkir melalui fitur otomatisnya. Menarik untuk menjadi alternatif selain Toyota Bz4X yang memiliki harga tidak jauh berbeda.
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Medcom.id