Kamera pengawas atau Closed Circuit Television (CCTV) terpasang di JPO Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta. MI/Pius Erlangga
Kamera pengawas atau Closed Circuit Television (CCTV) terpasang di JPO Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta. MI/Pius Erlangga

Kepolisian Bakal Pasang 105 Kamera ETLE di DKI Jakarta

Otomotif lalu lintas keselamatan berkendara
M. Bagus Rachmanto • 06 Desember 2019 10:43
Jakarta: Pembangunan jalan merupakan salah satu prioritas pembangunan infrastruktur di Indonesia. Pemerintah telah menargetkan pembangunan infrastruktur melalui penambahan panjang jalan tol sepanjang 1.000 km.
 
Namun infrastruktur jalan yang maju pesat perlu diimbangi oleh program tentang keselamatan jalan. Hal itu selaras dengan Lima Pilar Aksi Keselamatan Jalan, mengingat Indonesia termasuk salah satu negara penyumbang kecelakaan lalu lintas tertinggi di dunia.
 
Seperti kita ketahui, sejumlah kecelakaan melibatkan kendaraan berat Over Dimension Over Loading (ODOL), belakangan ini menjadi perhatian banyak kalangan terhadap keselamatan di jalan. Tercatat sekitar 26.000-29.000 jiwa tewas setiap tahunnya karena kecelakaan lalu lintas. Berdasarkan data Korlantas, jumlah kecelakaan lalu lintas pada 2017 mencapai 104.327 kejadian. Di 2018 naik sebanyak 107.968 kejadian.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Mengingat masih tingginya angka kecelakaan lalu lintas, maka perlu didukung dengan standar keselamatan berkendara yang konsisten dan tegas untuk meningkatkan kepatuhan ketika berkendara. Dengan menerapkan teknologi baru dan memperkenalkan standar keselamatan yang dapat diaplikasikan di fasilitas jalan seperti sistem tilang elektronik atau Electronic Traffic Laws Enforcement (ETLE).
 
Dalam rangka memperluas cakupan sistem tilang ETLE, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya berencana menambah 105 unit kamera khusus di sejumlah titik pada tahun 2020, yang diharapkan efektif mengurangi pelanggaran lalu lintas dan dapat membantu menurunkan angka kecelakaan dan kematian di jalan raya.
 
Saat ini, sebanyak 12 kamera ETLE telah dipasang di sepanjang Jalan Sudirman hingga Jalan MH Thamrin. Hal itu disampaikan langsung oleh Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Gatot Edi Pramono, di sela acara peresmian e-Drives di Mapolda Metro Jaya.
 
"Sampai hari ini kita sudah memasang sebanyak 12 titik kamera ETLE. Bulan ini saja kita akan menambah 45 titik lagi. Tahun depan pak Gubernur akan menambah sebanyak 48 titik, sehingga nanti ada pengembangan-pengembangannya," kata Gatot di Jakarta , Kamis (5/12/2019).
 
Di kesempatan yang sama, Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusuf mengatakan, saat ini pihaknya telah memasang dua kamera ETLE di jalur transjakarta, guna memantau kendaraan bermotor yang nekat masuk jalur Transjakarta. Temasuk dua kamera ETLE telah terpasang di pintu tol yang masuk dalam wilayah hukum Polda Metro Jaya.
 
Sistem tilang elektronik ini bakal diterapkan di jalur busway yang bekerjasama dengan PT Transjakarta, dan jalan tol bekerja sama dengan PT Jasa Marga. Sedangkan kamera ETLE di tol akan dibekali fitur speedcam. Fitur itu bisa mengukur kecepatan kendaraan yang melintasi kamera tersebut.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif