Reli Dakar 2019 dikalim bakal lebih seru dengan adanya aturan baru. Dakar
Reli Dakar 2019 dikalim bakal lebih seru dengan adanya aturan baru. Dakar

Aturan Baru Dakar Rally 2019

Otomotif balap motor yamaha ktm peugeot balap mobil mini dakar rally
M. Bagus Rachmanto • 04 Januari 2019 11:34
Peru: Pekan ini, yaitu Minggu (6/1/2019), Dakar Rally akan resmi dibuka dan menjadi penanda bahwa event balap terganas dunia itu jadi pembuktian para pereli jawara dunia. Tak hanya persaingan yang ketat, trek ganas pun jadi ajang unjuk skill bagi para pereli.

Dalam ajang ini, panitia punya cara sendiri untuk membuat para peserta menghadapi tantangan yang luar biasa, yakni dengan menggabungkan berbagai kesulitan ekstrim. Dilansir dari Dakar.com, sejumlah peraturan dalam perlombaan dirombak. Penyelenggaranya mengklaim akan menjadi salah satu program paling menantang yang pernah ada di reli ini. 

Beberapa aturan baru tersebut adalah, Half marathon sebagai kesempatan kedua. Dalam Reli 
Dakar segela sesuatu mungkin saja terjadi dan bisa sangat mengecewakan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



Tahun ini, mobil, Side-by-Sides (SxS) dan truk yang mengalami nasib kurang beruntung di tahap awal, berkesempatan gabung kembali usai masa rehat. Bersaing di kelas lain, kendaraan ini akan memiliki plat oranye dan tidak akan pernah diizinkan untuk memulai di 25 besar special stage. 
UTV Open adalah kelas baru untuk mobil. Tahun ini penyelenggara juga memberikan kesempatan bagi kendaraan ringan untuk mencoba peruntungan. Kendaraan UTV Open memenuhi standar teknis yang berbeda dengan kendaraan SxS, meskipun ukurannya hampir sama. 

Kendaraan SxS, kategori yang berbeda sama sekali, di mana kendaraan akan memiliki plat ungu, telah membuat kemajuan yang spektakuler untuk 2019 dan akan memasukkan nama-nama besar baru seperti Ignacio Casale (CHL), Francisco "Chaleco" Lopez dan Casey Currie (AS).

Marathon stage. Tahap maraton ini bakal digelar di hari kedua sebelum hari istirahat. Pada akhir tahap ke-4 meninggalkan Arequipa, kendaraan akan diarahkan ke dua kamp bivak yang berbeda. Di Moquegua untuk sepeda motor dan quads, dan Tacna untuk mobil, kendaraan SxS dan truk. Para pesaing akan bergabung dengan kru bantuan mereka di Arequipa untuk hari istirahat. 

Kemudian, sebelum melanjutkan kompetisi, sepeda motor dan quads, sekali lagi akan menghabiskan malam di kamp bivak terpencil di Camaná untuk menghindari mengemudi di malam hari di rute yang jauh sebelum tahap khusus ke-6.

Special format adalah trek ruang terbuka yang menampilkan keganasan gurun pasir Peru yang terbagi dalam dua tahap. Untuk tahap 5 sebelum bukit Ilo, kemudian untuk tahap 9 dalam satu lingkaran di sekitar Pisco. Dalam special stage peserta bakal menaklukan gurun pasir peru sejauh 3.000 kilimeter. Bahkan 70 persen lintasan Reli Dakar 2019 berpasir.

Di tahap 2, antara Pisco dan San Juan de Marcona, mobil akan diminta untuk membuka balapan. Dalam tahap khusus yang sangat rumit ini, pekerjaan para navigator akan menjadi vital karena mereka tidak akan dipandu oleh trek yang biasanya ditinggalkan oleh sepeda motor dan quads.

Untuk tahap 8, konfrontasi nyata antara juara Dakar ada di agenda, yakni Super Ica. Pesanan keberangkatan akan menggabungkan 10 sepeda motor tercepat, 10 mobil tercepat dan 5 truk tercepat dari klasifikasi tahap sebelumnya.  


(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi