Kenalan dengan si Sexy Honda NSX dari Amerika
Merasakan berada di kabin Honda NSX. medcom.id/Ahmad Garuda
Jakarta: Honda NSX adalah salah satu varian sport car terseksi yang diproduksi brand asal Jepang itu. Namun jangan salah, mobil ini merupakan hasil produksi pabrik Honda yang ada di Amerika yaitu Performance Manufacturing Centre, di Negara Bagian Ohio.

Medcom.id cukup beruntung karena diberikan kesempatan oleh Honda Prospect Motor (APM di Indonesia) untuk merasakan sensasi berada di dalam kabin mobil sport tersebut. Bahkan menikmati pemandagan sensasi desainnya hingga mengabadikannya dalam foto-foto. Lalu apa saja yang menarik dari mobil yang memiliki tagline New Sport eXperience itu?

Sensasi Race Car
Hal pertama yang kami coba rasakan adalah merasakan duduk dalam kabinnya. Jok yang mengadopsi model full bucket seat khas mobil balap, langsung menerbangkan imaji ke lintasan balap. Posisi kemudi yang dibuat cukup tinggi khas mobil balap pun menggoda orang yang duduk di atas jok pengemudi untuk langsung menyalakan mesin.

Sayangnya itu tidak masuk dalam skenario yang diperbolehkan Honda saat kami merasakan impresi duduk di dalam kabinnya. Namun secara keseluruhan, impresi akan si sexy yang satu ini memang sangat menggoda.

Ruang Mesin Padat
Usai merasakan sensasi berada di dalamnya, kami pun menengok bagian jantung pacunya yang ditenagai mesin mesin 3.5L DOHC Twin-Turbo V6. Mesin pembakaran internal ini dipadukan dengan tiga motor listrik yang masing-masing ditempatkan di bagian depan dan belakang.


Sekadar informasi, khusus untuk mesin konvensional yang berada di bagian belakang, Honda mengklaim mampu menghasilkan tenaga 500 daya kuda pada 6.500 – 7.500 rpm dan torsi maksimal 406 lb-ft pada 2.000 hingga 6.000 rpm. Saat dikombinasikan dengan tenaga ekstra dari mesin hybrid, mobil ini mampu menghasilkan tenaga hingga 573 hp dan torsi 476 lb-ft, serta berakselerasi hingga 100 km per jam dalam 2,7 detik serta kecepatan maksimal 191 MPH.

Performa yang dihasilkan mobil ini tersalur dari transmisi dual-clutch 9 percepatan dan penggerak All Wheel Drive (AWD) dengan dua motor elektrik di bagian depan dan satu motor elektrik di bagian belakang. Pembagian penempatan motor listrik di bagian depan dan belakang ini, berfungsi mendistribusikan tenaga serta memaksimalkan traksi di setiap roda, agar tetap presisi dalam kecepatan tinggi.

Lantaran mengadopsi posisi mesin agak ke tengah, bagian belakang pun menyisakan bagasi kecil yang terlihat cukup unik. Penempatan bagasi kecil ini pun menjadi bagian yang membuat si sexy ini tetap fungsional.

Kesimpulan
Secara keseluruhan, impresi terhadap mobil sport milik pabrikan Jepang ini, cukup memukau. Bukan hanya dari sisi desain dan tampilan yang sangat futuristik. Juga punya teknologi mesin ramah lingkungan dan berperforma tinggi.

Tapi sayang, bagi Anda yang berminat untuk memiliki mobil ini, harus menyimpan impian Anda lebih lama. Mengingat Honda belum berniat memasarkan NSX di pasar Indonesia.




(UDA)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id