Ford Mustang GT Shelby 500 'terbang' di panggung utama North American International Auto Show 2019, Detroit, AS. AFP Photo/Timothy A. Clary
Ford Mustang GT Shelby 500 'terbang' di panggung utama North American International Auto Show 2019, Detroit, AS. AFP Photo/Timothy A. Clary

Mustang GT Shelby 500, Produk 'Pamitan' Ford?

Otomotif ford pameran otomotif
16 Januari 2019 09:10
Detroit: Beberapa bulan lalu Ford mengumumkan rencana untuk menghentikan penjualan produk baru untuk pasar Amerika. Namun di dalam North American International Auto Show 2019 mereka memperkenalkan Mustang GT Shelby 500. Inikah produk terakhir Ford?
 
Adanya embel-embel Shelby, menandakan varian Mustang yang satu ini merupakan edisi terbatas. Edisi Shely adalah penghormatan Ford kepada Carol Shelby yang pada 1967 mengoprek Mustang GT 500 menjadi musclecar paling bertenaga dibanding seluruh pesaingnya.
 
Bedanya GT500 generasi terbaru yang dikembangkan dari GT350 ini bisa disebut musclecar dengan tenaga supercar. Mesin V8 5200cc yang jadi dapur pacunya mampu menyemburkan 700 daya kuda.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Mustang GT Shelby 500, Produk 'Pamitan' Ford?
Logo kobra di buritan adalah identitas untuk setiap produk Ford seri Shelby. AFP Photo/Bill Pugliano
 
"Dari posisi 0 hingga 100 km/jam sekitar 3 detik saja," kata Vice President Ford, Jim Farley, saat meluncurkan Mustang GT Shelby 500 di North American International Auto Show 2019 pada Senin (14/1/2019) waktu Detroit, AS.
 
Kemampuan itu bukan hanya gara-gara mesin supercharged dari Ford Performance. Tapi juga didukung transmisi matic Tremec kopling ganda tujuh percepatan yang mampu berpindah gigi-gigi dalam gearbox kurang dari 100 milidetik.
 
Belum lagi panel body serat karbon, termasuk velg dan sayap paket aerodinamikanya yang super ringan. Tidak cukup itu ban Michelin Pilot Sport Cup 2 yang sudah merupakan standar balap, masih di-custom demi menambah traksi ke aspal jalan raya.
 
Mustang GT Shelby 500, Produk 'Pamitan' Ford?
Ford Mustang GT convertible ini merupakan varian standart. Terlihat dari jok belakang yang masih terpasang. AFP Photo/Timothy A. Clary
 
"Untuk lebih mengurangi bobot, jok belakang sengaja kami copot," papar Farley.
 
Namun toh mobil ini pada dasarnya bukan untuk balapan, melainkan lebih sebagai transportasi harian yang siap meladenin tantangan kebut-kebutan. Maka dua jok depan yang ada dibalut suede optional, audio system dari Bang & Olufsen dengan headunit dari SiriusXM.
 
Para pemilik Ford Mustang GT Shelby 500 tidak akan melenggang sendirian di jalanan AS kelak. Di segmen pasar sempit tersebut sudah ada dua pesaing bebuyutannya -Dodge Challenger Hellcat dan Fiat Chrysler Challenger- yang juga berkekuatan 700-an daya kuda.
 

 

(LHE)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif