Cegah bahan bakar basi karena kendaraan disimpan terlalu lama. medcom.id/Ahmad Garuda
Cegah bahan bakar basi karena kendaraan disimpan terlalu lama. medcom.id/Ahmad Garuda

Bahan Bakar Bisa Basi, Atasi Pakai Katalisator

Otomotif iims komponen aftermarket aksesoris otomotif IIMS 2019
Ahmad Garuda • 28 April 2019 17:00
Jakarta: Menyimpan kendaraan dalam waktu lama dan dalam kondisi tidak digunakan, ternyata bisa menyebabkan kendaraan sulit untuk dinyalakan. Parahnya, ternyata juga bisa membuat bahan bakar jadi basi. Basi? Ya, kondisi bahan bakar menjadi tidak seperti saat baru dibeli.
 
Menurut perwakilan BRQ Fuel Catalyst Indonesia di ajang pameran Telkomsel Indonesia International Motor Show 2019, Setiadi Sungkono, bahwa bahan bakar basi itu bukan hanya cerita. Tapi itu memang bisa terjadi lantaran kendaraan tak dipakai dalam waktu yang agak lama. Kondisi ini bisa mengakibatkan, kinerja mesin tak lagi optimal.
 
“Iklim tropis juga membuat bakteri berkembang biak sangat cepat di dalam tangki yang menyebabkan pengendapan, serta penurunan nilai oktan dalam beberapa waktu,” ujar Setiadi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Saat itu terjadi, inilah peran katalisator untuk mengurai molekul bahan bakar secara aktif agar bisa menyerap oksigen lebih banyak. Sehingga tenaga mesin meningkat dan lebih hemat BBM. Produk BRQ Fuel Catalyst bekerja mempertahankan kualitas BBM sebagaimana spesifikasi seharusnya.
 
Selain itu, juga untuk merendahkan kebutuhan oktan bahan bakar terhadap mesin dengan cara memecah molekulnya rusak, sehingga lebih mudah dibakar. Efek yang tercipta adalah seperti memakai bahan bakar dengan nilai oktan 3-5 RON di atasnya.
 
Setiadi melanjutkan bahwa kondisi ini biasa terjadi ketika kendaraan ditinggal mudik. Sehingga bbm mengendap dan terdapat uapan air di dalam tangki. Kalau sudah begini, pasti performa mesin akan menurun dan tidak bisa lagi optimal bekerja untuk pembakaran di ruang mesin.
 
Ia menegaskan bahwa penggunaan katalisator seperti yang mereka usung yaitu BRQ, sangat membantu kondisi tersebut. Katalisator ini menjaga agar bakteri tidak berkembang biak di dalam bahan bakar tersebut. Bahkan diklaim juga bisa menambah tenaga mesin sebesar 5-10 persen dan menghemat penggunaan bahan bakar.
 
"Lantaran bukan aditif, jadi tidak merusak kandungan bahan bakar. BRQ Fuel Catalyst untuk mobil dijual dengan dalam tiga paket yang direkomendasikan, masing-masing basic package, improved packaged, dan advanced package."
 
Semua produk bisa dipasang ke semua jenis mobil, baik bermesin bensin atau solar. Sementara untuk motor tersedia BRQ Fuel Catalyst intank B1 dan B2.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif