?Mitsubishi Xpander AP4 Concept di Telkomsel IIMS 2019. Mitsubishi
?Mitsubishi Xpander AP4 Concept di Telkomsel IIMS 2019. Mitsubishi

Mitsubishi Xpander AP4 Concept, Mainan Baru Rifat Sungkar

Otomotif mitsubishi mobil konsep IIMS 2019
Ekawan Raharja • 27 April 2019 12:44
Jakarta: Mitsubishi memperkenalkan Xpander AP4 Concept untuk pertama kalinya kepada masyarakat Indonesia. Nantinya low multi purpose vehicle (LMPV) rakitan Cikarang, Bekasi, ini akan digunakan untuk balap reli di beberapa kejuaraan.
 
Mitsubishi bekerja sama dengan pembalap reli nasional, Rifat Sungkar, merancang sebuah Xpander yang bisa digunakan untuk balapan reli. Tahun ini, Xpander direncanakan untuk mengikuti sebuah event motorsport bertajuk AP4 yang mengusung konsep mobil balap yang menggunakan basis kendaraan harian yang diproduksi dan dijual secara massal di pasaran.
 
"Tidak hanya itu modifikasi yang dilakukan terhadap Xpander AP4 Concept diharapkan menjadi pemacu kalangan hobi motorsport dan modifikasi untuk melakukan personalisasi terhadap mobil Xpander yang dimilikinya hanya dengan upaya dan biaya minimal untuk mencapai hasil maksimal," ungkap President Director PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (PT MMKSI), Naoya Nakamura, Jumat (27/4/2019) di sela-sela Telkomsel IIMS 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


AP4 merupakan sebuah mobil yang dicanangkan oleh Motorsport New Zealand (MSNZ) dan Confederation of Australia Motorsport (CAMS) selaku induk olahraga otomotif di kedua negara tersebut pada 2015. Awalnya AP4 diciptakan untuk menjadi alternatif karena mobil reli berjenis R5, yang merupakan spesifikasi World Rally Championship (WRC) terlampau mahal. Maka dari itu dapat dikatakan bahwa konsep AP4 lebih menitikberatkan pada pengurangan biaya produksi menjadi lebih ekonomis bila dibandingakn mobil reli berspesifikasi tinggi.
 
Mitsubishi Xpander AP4 Concept, Mainan Baru Rifat Sungkar
 
“Dengan menggunakan konsep AP4 para pelaku industry reli dapat menekan biaya produksi berkali lipat lebih murah karena basis yang digunakan adalah mobil harian yang saat ini beredar di pasaran,” ungkap Rifat.
 
Beberapa faktor yang membuat AP4 lebih tejangkau adalah karena menggunakan mesin, gearbox, serta suspense yang sama untuk seluruh bodi mobil. Dengan kata lain, bodi mobil konsep ini akan membuat seluruh mobil AP4 dapat berbagi suku cadang antar sesame tim yang saat kompetisi reli berlangsung.
 
Rifat Sungkar yang nanti akan menjadi pembalap di balik lingkar kemudi Xpander AP4 Concept menjelaskan kalau mobil ini cocok untuk digunakan untuk balap reli. Diakuinya mobil ini memiliki struktur sasis yang sedikit mirip dengan Mitsubishi Lancer Evo yang memang teruji di ajang balap reli.
 
"Saya pernah bertemu dengen perancang Xpander, dan dia bilang filosofi sasis Xpander mirip dengan Lancer Evo. Kemudian setelah saya timbang di bengkel saya, bobot sasis ini seimbang antara depan dan belakang," ungkap Rifat Sungkar.
 
“Komisi dan komunitas reli terus mensosialisasikan kelas AP4 sebagai penawar dahaga bagi mereka yang ingin mencicipi keseruan olahraga reli di level internasional. Dengan adanya AP4, sangat memungkinkan bagi pereli Indonesia untuk berlaga di ajang reli Internasional,” tambah Rifat.
 
Mobil berjenis AP4 ini dapat dikatakan sebagai wajah baru mobil reli di Indonesia yang menggantikan kendaraan-kendaraan grup R yang sudah berusia lebih dari 10 tahun. Sebagai catatan, mobil reli jenis AP4 mendapatkan lisensi untuk berlomba di kejuaraan internasional seperti reli Australia, reli Selandia Baru dan reli Asia Pasifik.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif