Jaguar Land Rover (JLR) akhirnya memenangkan kasus terhadap Jiangling sebagai pemilik mereka Land Wind. Carscoops
Jaguar Land Rover (JLR) akhirnya memenangkan kasus terhadap Jiangling sebagai pemilik mereka Land Wind. Carscoops

Jiangling Dipastikan Kena Denda dari Jaguar Land Rover

Otomotif industri otomotif land rover
Ekawan Raharja • 26 Maret 2019 13:03
Beijing: Industri otomotif Tiongkok memang banyak melakukan duplikasi terhadap model-model mobil yang sudah diluncurkan terlebih dahulu. Kebanyakan dari mereka tidak mendapatkan hukuman apapun karena telah menduplikasi desain mobil yang sudah ada, tetapi ada juga yang dituntut dan berakhir dengan membayar dennda.
 
Terakhir ini Jaguar Land Rover (JLR) akhirnya memenangkan kasus terhadap Jiangling sebagai pemilik mereka Land Wind. Diketahui pabrikan asal Tiongkok itu melakukan plagiatisme Range Rover Evoque di mobil produksi mereka Land Wind X7.
 
Dilansir dari Carscoops, pengadilan Beijing Chaoyang setidaknya menemukan lima desain khas Range Rover Evoque yang diduplikasi Land Wind. Alhasil Jiangling harus membayar denda kepada pabrikan asal Inggris tersebut. Sayang pengadilan tidak menyebutkan berapa denda yang harus dibayarkan Jiangling.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Jiangling Dipastikan Kena Denda dari Jaguar Land Rover
 
Global Head of Legal Jaguar Land Rover, Keith Benjamin, mengatakan ini merupakan kali pertama mereka menaikkan kasus tersebut ke persidangan. "Kami menyambut baik keputusan pengadilan Beijing yang membuat kami percaya diri untuk berinvestasi di Tiongkok," kata Benjamin.
 
Sebenarnya kasus ini sudah berjalan sejak lama, terhitung sejak 2015 ketika Land Wind pertama kali meluncurkan X7. Waktu itu sang peniru membuat harga mobil ini jauh lebih miring dari versi aslinya, mulai dari USD21.740 atau sekitar Rp308 juta.
 
Pihak JLR mengklaim bahwa X7 memiliki kemiripan desain hingga 90 persen. Brand otomotif asal Inggris tersebut juga sempat meminta pemerintah Tiongkok untuk melarang Landwind menjual X7 di pasar otomotif Tiongkok, namun usahanya sia-sia.
 
Jiangling Dipastikan Kena Denda dari Jaguar Land Rover
 
Meski lebih murah dari pada Evoque asli yang mencapai USD62.000 atau sekitar Rp876 juta, namun bukan berarti X7 mobil murahan. Berbagai fitur yang ada di SUV asal Inggris tersebut turut dihadirkan di X7 seperti ABS, keyless start, dual front airbags, electronic parking brake, dan berbagai fitur canggih lainnya. Bahkan agar kian menarik, SUV asal China tersebut juga dilengkapi dengan panoramic view di atapnya.
 
Urusan di bawah kap mesin pun juga tidak mengecewakan. Mesin milik Mitsubishi berkapasitas 2.000 cc turbocharged yang sanggup hasilkan tenaga 190 daya kuda dan torsi 250 Nm melengkapi mobil X7.
 
Meski kualitas X7 tidak dapat diadu dengan Evoque, namun tetap saja ini sangat merugikan Land Rover sebagai produsen Evoque. Berderet fitur canggih yang dihadirkan dan harga yang lebih murah bisa membuat para warga Tiongkok yang berpenghasilan sedang untuk membeli mobil ini.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif