Mitsubishi Fuso pasang target realistis peningkatan pangsa pasar dan penjualan di 2024. medcom-uda
Mitsubishi Fuso pasang target realistis peningkatan pangsa pasar dan penjualan di 2024. medcom-uda

'Nyayur' di 2023, Mitsubishi Fuso Pasang Target Pasar 41 Persen di 2024

Ahmad Garuda • 15 Maret 2024 08:06
Jakarta - Dominasi pangsa pasar kendaraan angkut seperti truk oleh Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation (MFTBC) di Indonesia, jadi bukti bahwa persaingan truk di Indonesia bakal menarik di 2024. Apalagi dengan situasi politik di 2023, mereka tetap mempertahankan pangsa pasar No. 1 untuk segmen kendaraan niaga selama 53 tahun.
 
Menyambut tahun fiskal kendaraan niaga mereka di 2024, merek truk asal Jepang ini rupanya punya pencapaian besar jika dilihat secara detail angka penjualan truknya. Di mana kondisi pasar kendaraan niaga di Indonesia mengalami dinamika yang cukup bergejolak dan mengalami penurunan permintaan hingga 9% jika dibandingkan tahun sebelumnya, dengan volume pasar sebanyak 84.957 unit. 
 
Kendati kondisi pasar penuh tantangan, bertahan sebagai Market Leader dengan raihan Market Share sebesar 39,2% atau setara dengan 33.283 unit. Penyumbang terbesar penjualan tersebut berasal dari Canter di kelas light duty truck (LDT) sebanyak 29.062 unit dengan pangsa pasar 53%. Sedangkan di kelas medium duty truk (MDT), Fighter X mencatat pertumbuhan positif dengan pangsa pasar 18% atau sebanyak 4.179 unit.

Sales & Marketing Director PT. Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), Aji Jaya bahwa mereka punya target yang cukup realistis untuk 2024. KTB menargetkan untuk terus meningkatkan market share Mitsubishi Fuso menjadi 41% atau tumbuh sebesar 1,8% dengan total unit 34.850. 
 
Baca Juga:
Sudah Mulai Dikirim ke Konsumen, Seberapa Laris Honda BR-V N7X Edition?

 
"Kami akan mengusung strategi "customer-first" untuk mencapai target itu. Kami berkomitmen untuk selalu melakukan inovasi tidak hanya produk namun juga layanan dan teknologi terbaru yang sesuai untuk bisnis konsumen. Fuso akan mendengarkan masukan konsumen dan menyediakan Solusi bisnis yang tepat sesuai dengan harapan dan kebutuhan konsumen," ujar Aji Jaya di Jakarta pada Kamis (14/3/2024).

Perkuat Divisi Purna Jual

Tak hanya dari segi penjualan, beragam aktivitas layanan purna jual mereka lakukan seperti perluasan layanan after sales service seperti Bengkel Siaga 24 Jam, parts depo, dan mobile workshop service. Kemudian menambah jaringan dealer yang saat ini total 222. Llau inovasi yang terus dilakukan seperti Digital Operation MyFuso App & Telematic Runner 3.0 yang fokus untuk meningkatkan layanan.
 
Aji Jaya menjabarkan, bahwa dari aspek purna jual, mereka berhasil mencatatkan rekor penjualan spare part tertinggi pada tahun 2023, naik hingga 17% jika dibandingkan tahun 2022. "Dengan semakin banyaknya penjualan spare part tentunya menjadi tujuan kami untuk menjaminan ketersediaan spare part diseluruh wilayah Indonesia sehingga memudahkan bagi konsumen untuk melakukan perawatan dan perbaikan kendaraan operasional mereka."

Strategi Pasar untuk 2024

Beberapa strategi untuk menghadapi 2024 adalah menyediakan produk dan layanan yang disesuaikan dengan karakter, area, dan jenis bisnis konsumen, meningkatkan pelayanan dealer dengan menambah dealer-dealer berstatus Fuso Pro-Shop, dan digitalisasi dengan mengembangkan fitur Runner yaitu Bengkel Runner.
 
Baca Juga:
Ini Keunggulan Pabrikan Jepang Jualan Mobil Listrik

 
Lalu selama Ramadhan ini, mereka juga menyediakan berbagai promo service yang menguntungkan bagi konsumennya. Di antaranya, untuk konsumen yang ingin mendapatkan penanganan service cepat dengan fasilitas Fast Lane terdapat diskon 10% untuk penggantian filter oli dan filter solar, diskon 20% untuk oli mesin, dan diskon 10% untuk jasa pengerjaan. Lalu ada Bengkel Siaga 24 Jam dan Mobile Workshop Service yang beroperasi penuh sampai lebaran.
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(UDA)




TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan