Garansi Mobil Tujuh Tahun, Hanya Trik Promosi kah?
Garansi mobil hingga tujuh tahun banyak dipertanyakan, apalagi untuk brand baru di Indonesia. medcom.id/Ahmad Garuda
Jakarta: Ketika Kia Motors memberikan kejutan dengan penawaran garansi mobil saat pembelian baru selama 5 tahun, kini bukan lagi garansi terlama yang diberikan brand otomotif di pasar nasional. APM asal Tiongkok, DFSK justru bikin kejutan dengan garansi mobil selama 7 tahun. Apakah sekadar trik promosi untuk konsumen?

Mengingat sebagai APM yang baru memproduksi mobil di Indonesia, punya banyak kemungkinan mengalami masalah dan faktanya baru mereka yang memang berani memberikan garansi lama seperti itu. Berbicara kepada medcom.id, Co CEO PT Sokonindo Automobiles (DFSK), Alexander Barus menegaskan bahwa hanya ini cara terbaik untuk membuktikan kualitas mobil buatannya.

"Ini adalah cara kami untuk membuktikan brand Tiongkok yang kami bawa tidak main-main soal kualitas. Kami juga sekaligus ingin memperbaiki sudut pandang orang terhadap mobil yang diproduksi brand Tiongkok. Kami punya pusat riset di Amerika dan juga di pabrik Cikande, Banten," klaim Alexander.

Dalam pernyataan lanjutannya, Alexander menegaskan bahwa ini bukan trik promosi saja. Mengingat pemberian garansi selama itu berkaitan dengan hasil riset yang mereka lakukan dan pertimbangan jaringan mereka. JIka garansi itu tidak benar atau hanya trik pemasaran semata, bukan hanya konsumen yang akan berteriak, namun jaringan dealer mereka yang lebih dulu bersuara. Artinya potensi konflik akan terbuka lebar dan mengakibatkan rencana jangka panjang brand ini bisa terganggu.


Dari keterangan lanjutan yang kami peroleh, garansi mencakup hampir semua komponen bodi, mesin, transmisi serta komponen utama chassis, elektrikal dan beberapa bagian aksesoris. Jaminan ini mereka konversikan dengan jarak tempuh sejauh 150.000 kilometer dan akan bisa diklaim di seluruh jaringan mereka di Indonesia.

"Berdasarkan hasil riset yang kami lakukan, penggunaan mobil selama tujuh tahun itu masih batas ideal uintuk menerapkan garansi kendaraan. Dan DFSK memang sudah siap untuk jaminan kualitas mobil untuk jangka panjang. Karena kami ada di Indonesia juga ingin membuktikan bahwa produk kami bukan produk murahan meski harga yang kami berikan sangat kompetitif."

Beberapa calon konsumen yang sempat ditemui di arena pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) beberapa waktu lalu dan Pekan Raya Jakarta mengungkapkan bahwa mereka juga cukup bingung dengan garansi selama itu. Mengingat kebanyakan pemilik mobil, paling ideal menggunakan mobilnya hingga 5 tahun saja sebelum akhirnya dijual kembali.

Dalam momentum berbeda, ada juga beberapa orang yang menilai bahwa garansi panjang ini sangat menarik. Karena menjadi bentuk jaminan atas kualitas produk brand tersebut jadi mereka bisa lebih yakin dan bebas cemas selama kurun waktu tersebut. Artinya hingga 7 tahun ke depan, pemiliknya bisa lebih lega soal urusan garansi kendaraan secara teknis langsung dari brand-nya.



(UDA)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id