Mobil Baru

Rangka Monokok Sedona Diesel, Ungguli MPV-SUV Lain?

Ahmad Garuda 20 Juli 2018 17:39 WIB
mobil barukia
Rangka Monokok Sedona Diesel, Ungguli MPV-SUV Lain?
Kia mengklaim bahwa rangka monokok Grand Sedona Diesel memberikan kenyamanan lebih terhadap penumpang. medcom.id/Ahmad Garuda
Jakarta: Peluncuran Kia Grand Sedona Diesel dengan mesin berkapasitas 2,2L CRDI, menjadi penyemangat baru bagi Kia Mobil Indonesia. APM mobil asal Korea itu bahkan menegaskan bahwa produk yang mereka bawa tersebut punya spesifikasi yang terbaik saat ini bukan hanya saat disandingkan dengan MPV medium sekelasnya, namun juga full size SUV macam Pajero Sport atau pun Fortuner.

Diluncurkannya saudara kembar dari versi bensin itu pada Rabu (18/7/2018) lalu, punya banyak keunggulan yang telak dibandingkan kompetitornya. Salah satu yang mereka garis bawahi adalah rangka monokok di mobil tersebut. Menurut GM Business Development PT KMI, Harry Yanto, bahwa jenis rangka yang digunakan banyak mobil MPV medium hingga SUV, memang sudah jadi rahasia umum.

"Ya itu sudah jadi hal umum, bahwa dengan ladder frame, produsen bisa melakukan penyegaran minor terhadap mobil meski tanpa melakukan perubahan terhadap bagian rangka. Tapi kami tidak ingin seperti itu, Kia Grand Sedona ini berorientasi terhadap kenyamanan penumpang di dalamnya. Makanya pabrikan kami di Korea menggunakan rangka monokok," klaim Harry.

Pria berkacamata itu pun menambahkan bahwa rangka monokok itu adalah rangka yang dikhususkan untuk mobil berpenumpang. Sehingga wajar jika kenyamanan yang diberikan kepada penumpang yang berada di dalamnya pun lebih baik dari mobil yang menggunakan rangka dari ladder frame. Soal kekuatan pun, rangka monokok punya perindungan yang lebih baik terhadap kabin penumpang.


Hal lain yang digarisbawahi oleh Harry tentang keunggulan yang diusung Kia Grand Sedona Diesel ini adalah soal penggunaan material rangka yang diklaim punya tingkat kekuatan tertinggi. Yaitu melalui proses AHSS atau advanced high press hot stamping dan PHS atau press hot stamping. Keduanya diletakkan di bagian yang memang butuh sokongan perlindungan terbaik untuk kabin seperti di pilar utama.

Kemudian, Harry juga menyinggung soal tenaga yang dihadirkan mobil MPV berkapasitas muat 11 orang penumpang itu. Tenaga maksimal bisa mencapai 200 daya kuda dan torsi 441 Newton meter.

"Untuk torsi ada yang menyamai namun untuk tenaga tidak ada yang menyamai. Mendekati sih ada, makanya kami berani mengklaim mobil ini punya spesifikasi teknis yang lebih tinggi dibandingkan dengan MPV sejenisnya bahkan hingga SUV."

Ia menambahkan bahwa karakter konsumen otomotif Indonesia yang memang rada unik, pun mereka ganjar dengan garansi unlimmited kilometer, meski dibatasi jumlah tahunnya selama 5 tahun. Namun sebenarnya ini sudah cukup, mengingat banyak orang di Indonesia hanya mengalokasikan penggunaan mobil jenis MPV medium seperti ini dalam rentang siklus 5 tahunan.

Ditawarkan dalam 8 warna, mobil ini dibanderol dengan harga Rp595 juta on the road Jakarta. Tentunya pilihan ini cukup menarik, apalagi mereka yang memiliki anggota keluarga cukup banyak.



(UDA)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id