Mobil Klasik

Lamborghini Peringati 50 Tahun Varian Espada Klasik

M. Bagus Rachmanto 29 Mei 2018 12:19 WIB
mobil klasiklamborghini
Lamborghini Peringati 50 Tahun Varian Espada Klasik
Lamborghini Espada 1968 klasik. Carscoops
Italia: Memperingati 50 tahun kehadiran Lamborghini Espada, pabrikan mobil asal Italia itu mencoba menghidupkan kembali masa kejayaan model tersebut. Yaitu dengan cara merestorasi mobil menjadi Espada klasik spesial yang unik.

Menurut keterangan yang dirilis Lamborghini, salah satu keunikan Espada 1968 ini terletak di bagian bodi yang memiliki ukuran lebih panjang yang tidak dimiliki varian lainnya. Keunikan lain dari mobil bernomor sasis 7293 ini adalah dilengkapi dengan sunroof plexiglass, sehingga memberikan lebih banyak cahaya masuk ke dalam kabinnya yang luas. 

Untuk mengembalikan kondisi mobil menjadi istimewa seperti aslinya, Lamborghini mempercayakan pengarapannya kepada rumah desain Bertone. Dan atas permintaan pelanggan, sebagai salah satu Miura Roadster, Espada contoh ini mendapat finishing warna metallic blue, sama seperti yang digunakan pabrikan dengan teknik coating 15 lapis. 

Cerita tersebut bukanlah akhir dari kisah Espada klasik ini. Setengah abad yang lalu, Pangeran Rainier III dari Monako disebut pernah mengendarainya bekeliling di sirkuit Grand Prix Monako, bersamaan dengan konsep Lamborghini Marzal yang juga dikendarai Pangeran Rainier bersama dengan Putri Grace.

Dikatakan, kemunculan perdana Espada yang disiarkan secara luas melalui televisi mampu menarik perhatian industri otomotif dunia, sampai akhirnya diterbangkan ke Boston, Inggris untuk ikut di ajang New England Auto Show. Penampilannya tersbut behasil menghiasi surat kabar Boston Sunday Globe dengan artikel bertajuk "Auto Show Spotlights Italian Beauty."


Mesin yang diusung Espada adalah V12 4.0L bertenaga 325 daya kuda dengan roda cakram pada keempat roda dan suspensi independen, serta mengaplikasikan gearing yang tak biasa pada 3 rasio drive. Mobil tipe ini menawarkan konsep transmisi otomatis dan memiliki sistem roda gigi manual 5 speed.

Disebutkan, dalam perjalanannya Espada telah mengalami pemulihan menyeluruh pada 2013, dan ditandatangani oleh Pangeran Albert pada tahun berikutnya. Sejak itu, kepemilikan mobil diakuisisi oleh keponakan Ferruccio Lamborghini, Fabio, hingga berakhir di rumah lelang. Harga Espada yang terjual di Monako saat itu diperkirakan mencapai USD650 ribu -USD885 ribu atau sekitar Rp9 miliar - Rp12 miliar.



(UDA)