Mobil listrik MG 5 EV hadir di GIIAS 2021. mg
Mobil listrik MG 5 EV hadir di GIIAS 2021. mg

Mobil Listrik

Harga Mahal Mobil Listrik Sepadan dengan Teknologi dan Fitur Safety

Adri Prima • 26 November 2021 22:49
Jakarta: Populasi mobil listrik di Indonesia masih terbilang kecil meski sudah banyak model-model kendaraan listrik yang telah resmi dipasarkan. Selain itu, sejauh ini konsumen mobil listrik juga masih terfokus di kota-kota besar dikarenakan faktor infrastruktur seperti fasilitas charging station yang baru ada di kota-kota besar saja.
 
Bicara mobil listrik, tidak bisa dipungkiri kalau harga yang masih relatif mahal membuat konsumen mobil nol emisi tersebut masih didominasi oleh segmen masyarakat kaya. 
 
Sedangkan dari sisi industri, pasar terbesar produk kendaraan bermotor masih didominasi oleh kalangan konsumen yang menitikberatkan pada harga, pertimbangan diskon, hingga nilai jual kembali. Hal inilah yang membuat mobil listrik sulit dilirik oleh masyarakat luas yang memang ingin memiliki kendaraan. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pakar keselamatan berkendara, Jusri Pulubuhu turut berkomentar terkait alasan kenapa mobil listrik belum dilirik. Menurutnya, harga yang ditawarkan mobil listrik sebenarnya sepadan dengan teknologi dan fitur keselamatan (safety) yang sudah teruji. 
 
"Sayangnya persepsi konsumen dalam membeli kendaraan masih sangat dipengaruhi oleh harga. Tidak ada yang memikirkan teknologi dan fitur safety. Konsep ini cukup disayangkan karena mereka membeli kendaraan tidak dengan konsep keselamatan," kata Jusri Pulubuhu dalam talkshow seputar mobil listrik di sela-sela GIIAS 2021 beberapa waktu lalu. 
 
Ia menambahkan, pola pikir masyarakat harus mulai dirubah dengan menempatkan faktor safety sebagai salah satu variabel dalam membeli kendaraan. 
 
"Seharusnya stakeholder jalan raya harus khawatir dengan tingginya angka kecelakaan. Karena itu kita harus mempertimbangkan aspek safety. Fitur keselamatan itu harusnya menjadi pilihan bagi masyarakat. Di beberapa negara safety itu sudah jadi lifestyle (gaya hidup)," beber Jusri. 
 
Jusri pun mengapresiasi para produsen otomotif yang sudah mulai memperkenalkan model-model kendaraan listrik mereka untuk pasar Indonesia. Tak hanya itu, beberapa model mobil listrik yang dihadirkan juga sudah memenuhi standar dan hasil uji safety yang memuaskan. 
 
(PRI)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif