Balai Lelang Caready. Medcom.id/M. Bagus Rachmanto
Balai Lelang Caready. Medcom.id/M. Bagus Rachmanto

Serius Bisnis Jual Beli Mobil Seken, Blue Bird Bikin Balai Lelang Terbesar

Otomotif mobil bekas
M. Bagus Rachmanto • 28 Juni 2019 15:00
Bekasi: Prospek bisnis jual-beli mobil bekas/seken mengalami pertumbuhan dari tahun ke tahun, dan memiliki potensi yang cukup menggiurkan. Maka tak heran jika PT Bluebird yang dikenal dalam bisnis tranportasi itu tertarik untuk mencicipi manisnya bisnis jual beli mobil seken dengan membuka Balai Lelang Caready.
 
Direktur Caready, Hery Sugiarto mengatakan, pertumbuhan pasar mobil seken lebih stabil jika dibandingkan dengan penjualan mobil baru. "Kami melihat pasar mobil seken lebih stabil dibanding mobil baru. Mobil seken penjualannya rata-rata 2 juta unit per tahun. Kalau mobil bekas penjualan rata-rata per tahun sekitar 1 juta unit," kata Heri.
 
Direktur Utama PT Blue Bird Tbk, Noni Purnomo mengungkapkan, latar belakang berdirinya balai lelang kendaraan adalah sebagai bagian dari pengembangan usaha yang berhubungan dengan transportasi, dan untuk mempermudah Blue Bird menjual mobil-mobil eks taksi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kita bisa fokus menjual kendaraan seken tapi berkualitas. Ini salah satu diversifikasi usaha Blue Bird. Salah satunya membentuk anak perusahaan baru dengan memilih partner yang sejalan," kata Noni di acara peresmian Balai Lelang Caready, di Narogong, Bekasi, Kamis (27/6/2019).
Serius Bisnis Jual Beli Mobil Seken, Blue Bird Bikin Balai Lelang Terbesar
Dalam perjalanannya membuka PT Balai Lelang Caready, PT Bluebird Tbk. menggandeng Mitsubishi UFG and Finance Co Ltd serta PT Takari Kokoh Sejahtera. Komposisi kepemilikan saham 51 persen dipegang Blue Bird, 39 persen Mitsubishi UFG and Finance Co Ltd dan 10 persen PT Takari Kokoh Sejahtera, dengan nilai investasi sebesar Rp23 miliar.
 
Di kesempatan yang sama, Managing Executive Office PT. Mitsubishi UFG Lease and Finance mengatakan, kerja sama ini merupakan kolaborasi yang prospektif sejalan dengan pengembangan bisnis yang dilakukan Mitsubishi Lease & Finance di Indonesia yang memiliki pasar yang besar dan potensial.
 
Keberadaan Caready diklaim sebagai balai lelang kendaraan terbesar di Indonesia., yang berdiri di atas lahan seluar 1,4 hektar, dan penjualan dilakukan dengan sistem online dan offline.
 
"Pasar kita tidak khusus eks taksi, sebagian besar mobil umum, mulai dari mobil penumpang hingga mobil komersial dan sepeda motor. Target penjualan 1.600 unit per bulan. Stok yang tersedia saat ini di atas 200 unit untuk semua merek," pungkas Heri.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif