Vespa 400 merupakan proyek microcar dari Vespa di era 1950. Motorsport Network
Vespa 400 merupakan proyek microcar dari Vespa di era 1950. Motorsport Network

Mobil Klasik

Kenangan Manis Vespa 400 yang Tinggal Sejarah

Otomotif mobil klasik
M. Bagus Rachmanto • 26 Januari 2020 08:46
Italia: Vespa bagi banyak kalangan identik dengan merek skuter matik (skutik). Tetapi nyatanya merek asal Italia ini pernah memproduksi sebuah mobil di masa lalu. Lebih tepatnya Vespa 400 merupakan mobil mungil dan mungkin satu-satunya mobil yang diproduksi merek asal Italia tersebut. Mobil ini pertama kali diperkenalkan pada 1957 di Monaco.
 
Vespa 400 adalah mobil mungil atau microcar bermesin belakang, diproduksi oleh Ateliers de construction de motocycles et d’automobiles (ACMA) di Fourchambault, Perancis, dari tahun 1957 hingga 1961 yang didesain oleh para insinyur perusahaan Piaggio Italia. Vespa 400 dipasarkan dalam tiga varian, yaitu Luxe, Tourisme dan GT.
 
Seperti dilansir Motorsport Network, ada sekitar 20 ribu mobil yang diproduksi dalam dua tahun pertama. Vespa 400 resmi dihentikan produksinya pada 1961. Satu dari total unit yang diproduksi ditemukan di Perancis, kemudian oleh pemiliknya dikirim ke Amerika Serikat (AS).
Vespa 400, si Mungil yang Tinggal Sejarah
Jika melihat bentuknya, Vespa 400 termasuk mobil yang cukup menyenangkan desainnya. Mobil dua pintu, dengan dua jok, serta atap model cabriolet yang artinya atap kanvasnya bisa di buka.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Atap kain cabriolet dapat digulung kembali ke bagian atas penutup mesin belakang dan aki atau baterai 12 volt terletak di bagian depan mobil, di belakang grill. Ban cadangan disimpan di bawah kursi penumpang.
 
Sementara instrumentasi memiliki desain yang sangata sederhana, hanya speedometer dan lampu peringatan untuk bahan bakar, mesinm pengisian dinamo, dan indikator.
Vespa 400, si Mungil yang Tinggal Sejarah
Urusan dapur pacunya dilengkapi dengan mesin 393 cc, 2-silinder, 2-tak, bertenaga 14 daya kuda. Mesin tersebut dipadukan dengan transmisi 3 speed manual untuk pasar Eropa. Sedangkan untuk pasar Amerika, Vespa 400 menggunakan transmisi 4 kecepatan.
 
Membahas performa, mobil ini memiliki kecepatan maksimal sekitar 80-90 kilometer per jam. Sedangkan konsumsi bahan bakarnya mencapai 5 liter untuk 100 kilometer. Suspensi Vespa 400 menggunakan suspensi independent dengan double acting hydraulic coil spring.
 
Saat ini mungkin tidak banyak orang yang memiliki mobil mungil ini. Mungkin anda pernah melihatnya di jalanan di Indonesia?
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif