Bisnis jual beli mobil bekas turut berkontribusi terhadap pembelian mobil baru. Carsome
Bisnis jual beli mobil bekas turut berkontribusi terhadap pembelian mobil baru. Carsome

Mendorong Penjualan Mobil Baru Melalui Bisnis Mobkas

Otomotif industri otomotif mobil bekas Di Bawah Helm Proyek
Ekawan Raharja • 15 Agustus 2019 11:37
Jakarta: Indonesia merupakan salah satu pasar otomotif, salah satunya mobil, yang cukup menarik perhatian banyak pihak. Penjualannya di atas 1 juta unit per tahun didukung oleh berbagai faktor, dan salah satunya adalah penjualan mobil bekas.
 
Pemerhati Otomotif, Gesit Prayogi, menjelaskan penjualan mobil bekas memberikan dampak positif industri otomotif secara umum. Melalui penjualan mobil bekas yang semakin efektif dan efisien, membuat pembelian ulang mobil baru semakin tinggi dan cepat.
 
“Kehadiran platform jual beli mobil bekas membuat perputaran kapital di industri otomotif berlangsung dengan efisien, sehingga pembelian mobil berikutnya juga menjadi lebih cepat. Apalagi dengan mendapat penawaran terbaik, penjual mobil memiliki lebih banyak pilihan untuk mengganti mobil barunya,” papar Gesit Prayogi Rabu (14/08) di Kawasan Kemang Jakarta.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Mendorong Penjualan Mobil Baru Melalui Bisnis Mobkas
 
Bisnis jual beli mobil bekas di Indonesia tumbuh subur, dan bisnisnya berkembang dari terus menerus. Mulai dari sekadar membuka dealer mobil bekas, hingga memanfaatkan teknologi internet untuk menghadirkan iklan baris mobil bekas.
 
Country Manager Carsome, Andreas Djingga, mengakui Otomotif menjadi industri yang menguntungkan berkat populasi yang besar dan gelombang urbanisasi dalam beberapa dekade terakhir ini. Di wilayah ini, Indonesia muncul sebagai salah satu pasar yang paling besar dan paling menarik. Di tahun 2018 saja, ASEAN Automotive Federation mencatat penjualan mobil baru sebesar 1,151,291 unit, artinya terjadi kenaikan 7 persen dari tahun sebelumnya.
 
Lebih jauh lagi, pasar otomotif Indonesia masih menyimpan potensi besar untuk tumbuh. Proses jual beli mobil baru di Indonesia juga masih kurang efisien karena calon pembeli harus berinteraksi dengan dealer dan perusahaan pembiayaan. Prosedur after-sales juga tak kalah ribetnya.
 
Mendorong Penjualan Mobil Baru Melalui Bisnis Mobkas
 
Berbagai isu inilah yang coba diterjemahkan menjadi peluang bagi startup otomotif semacam Carsome. Andreas Djingga menambahkan perusahaan yang dipimpinnya berupaya memahami poin-point para penjual mobil bekas di Indonesia dan menghadirkan solusi yang memberikan hasil lebih menguntungkan bagi para penjual mobil bekas.
 
Di mulai dari menawarkan akses ke inspektor berpengalaman dan ke ratusan dealer terverifikasi di Jabodetabek,menjalin kemitraan dengan 1.150 dealer se-Jabodetabek dan memperluas jaringan operasionalnya ke kota-kota lain di Indonesia, hingga akhirnya di tahun ketiga berbisnis di Indonesia mengambil langkah kerja sama dengan Forum Wartawan Otomotif (Forwot) untuk mendapatkan masukan-masukan kondisi industri otomotif Indonesia.
 
“Memasuki tahun ketiga layanan kami di Indonesia, penting bagi kami untuk mengukur kembali apa saja yang sudah kami capai dan bagaimana kami bisa mengoptimalisasi peran kami di Indonesia,” terang Andreas Djingga.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif