Honda Brio menjadi penopang utama penjualan Honda di Indonesia pada Juli 2020. Honda
Honda Brio menjadi penopang utama penjualan Honda di Indonesia pada Juli 2020. Honda

Industri Otomotif

Penjualan Otomotif Perlahan Membaik

Ekawan Raharja • 12 Agustus 2020 09:31
Jakarta: Pasar otomotif di Indonesia mulai menunjukkan peningkatan pada dua bulan terakhir, sejak Juni–Juli 2020. Pada retail sales pasar otomotif Indonesia selama periode Juli 2020 mencapai sekitar 35 ribu unit, naik sekitar 19 persen dibanding Juni 2020. Hal ini tentu tidak lepas dari peningkatan penjualan di sejumlah merek otomotif yang berkontribusi terhadap penjualan mobil di Indonesia.
 
Memasuki semester kedua tahun 2020, penjualan Honda di Indonesia kembali meneruskan tren positif di tengah masa transisi menuju kenormalan baru. Sepanjang bulan Juli 2020, Jenama asal Jepang ini berhasil mencatat penjualan sebanyak 4.036 unit, meningkat 62 persen dibandingkan penjualan pada bulan Juni.
 
Brio Satya menjadi model dengan penjualan tertinggi dengan total 1.697 unit, meningkat 102 persen dibanding bulan sebelumnya. Praktis penjualannya ini menyumbang 42 persen dari total penjualan di bulan Juli, juga lebih besar dibanding kontribusi bulan sebelumnya yang tercatat sebesar 33 persen.
 
Sementara itu, peningkatan penjualan juga dicatat oleh Brio RS yaitu dari 473 unit di bulan Juni menjadi 518 unit di bulan Juli. Secara keseluruhan, Brio mengumpulkan penjualan sebesar 2.215 unit sepanjang bulan Juli lalu.
 
Model-model lainnya juga ikut menunjukkan tren penjualan yang positif. HR-V terjual sebanyak 599 unit, meningkat 74 persen dari bulan sebelumnya yang tercatat 343 unit. Jazz membukukan penjualan sebesar 434 unit, naik 48 persen dibanding bulan sebelumnya yang terjual sebanyak 293 unit. Sementara Mobilio terjual sebanyak 282 unit, meningkat 72 persen dari bulan sebelumnya yang tercatat 164 unit dan Honda CR-V terjual sebesar 246 unit, meningkat 28 persen dari bulan sebelumnya yang tercatat sebesar 192 unit.
 
“Meskipun secara total belum dapat menyamai penjualan tahun lalu, namun penjualan di bulan Juli kembali menjadi indikator positif setelah selama dua bulan berturut-turut menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan. Kontribusi dari pembeli pertama di segmen LCGC dan mobil keluarga menjadi faktor penting terhadap peningkatan penjualan tersebut. Kami berharap dapat mempertahankan tren ini dengan terus memberikan program penjualan yang memudahkan dan meringankan konsumen untuk membeli mobil Honda,” ungkap Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor, Yusak Billy, melalui keterangan resminya.

Penjualan Daihatsu Meningkat 6 Persen

Penjualan Otomotif Perlahan Membaik
 
Angin segar juga dirasakan oleh Jenama Jepang lainnya, Daihatsu, yang juga merasakan peningkatan penjualan. Pada bulan yang sama, retail sales di Juli 2020 tercatat sebanyak 5.890 unit, atau naik 6 persen jika dibandingkan bulan Juni 2020 lalu sebesar 5.558 unit.
 
Secara YTD (Year To Date), atau sejak Januari – Juli, sisi market share juga mengalami peningkatan. Retail sales naik 1 persen menjadi 18,2 persen dibanding periode yang sama tahun lalu.

Secara akumulatif, hingga Juli 2020, penjualan retail sales Daihatsu masih tetap didominasi oleh Sigra dengan pencapaian sebesar 16.631 unit, berkontribusi sebesar 28,0 persen, lalu diikuti oleh Gran Max Pick-Up 12.651 unit (21,3 persen), dan Terios 8.938 unit (15,0 persen).
 
“Kami berharap, tren positif ini akan terus berlanjut diiringi dengan meningkatnya daya beli masyarakat. Daihatsu berkomitmen untuk memberikan yang terbaik kepada pelanggan dan akan memacu produksinya sesuai dengan permintaan pelanggan setia,” ujar Marketing Director dan Corporate Planning & Communication Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Amelia Tjandra, melalui keterangan resminya.
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(UDA)




TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan