Teknologi ban udara ini disebut dengan nama Uptis (Unique Tire-proof Tire System). GM
Teknologi ban udara ini disebut dengan nama Uptis (Unique Tire-proof Tire System). GM

Teknologi Ban Mobil Anti Kempes Mulai Banyak Diriset

Otomotif general motors teknologi otomotif michelin
Ekawan Raharja • 12 Juni 2019 09:18
Amerika Serikat: Salah satu yang menyebalkan sekaligus berbahaya ketika mengendarai mobil adalah ban yang mendadak kempes karena berbagai penyebab. Cuma di masa depan, hal itu bisa saja tidak ada lagi karena kini sudah dikembangkan ban mobil tanpa udara.
 
Perusahaan ban asal Prancis, Michelin, dan raksasa otomotif asal Amerika Serikat, General Motors (GM), mengembangkan ban mobil tanpa udara yang tentunya anti kempes. Teknologi ban udara ini disebut dengan nama Uptis (Unique Tire-proof Tire System).
 
Diketahui bahwa komponen bundar seperti donat ini terbuat dari campuran karet komposit dan resin yang tertanam di fiberglass memungkinkan ban jenis ini untuk beroperasi pada kecepatan tinggi. Selain itu ban ini tidak dilengkapi dengan sidewall dan juga tread wear indicator.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Teknologi yang diterapkan di klaim ini juga sebagai bukti membantah argumen ban akan berfungsi maksimal saat digunakan dalam kecepatan rendah. Bahkan Baik Michelin dan GM memastikan kenyamanan yang ditawarkan ban uptis sama nyamannya dengan ban umumnya sekarang. Sehingga penumpang tidak perlu takut perjalananya akan terganggu karena kondisi ban tanpa udara.
 
Teknologi Ban Mobil Anti Kempes Mulai Banyak Diriset
 
GM memastikan bahwa ban ini lebih ramah lingkungan. Dipastikan ban ini lebih awet digunakan serta menggunakan bahan baku yang lebih sedikit dari ban konvensional.
 
Bahkan karena umurnya lebih awet, nantinya akan lebih sedikit ban yang dibuang oleh konsumen. Michelin mencatat ada 200 juta ban di buang setiap tahunnya karena rusak hingga sudah habis masa pakainya.
 
Selain itu pengemudi lebih aman menggunakan ban ini. Teknologi yang ditawarkan oleh ban Uptis tidak akan meledak di tengah jalan, dan pastinya anti kempes.
 
"Uptis sangat ideal untuk mendorong industri otomotif menuju masa depan, sekaligus menjadi contoh bagaimana konsumen mendapatkan keuntungan saat kamu berkolaborasi dan berinovasi dengan rekan suplier," ungkap Head of Global Purchasing and Supply Chain GM, Steve Kiefer, melalui keterangan resminya.
 
Cuma anda jangan terburu-buru untuk membelinya karena ban ini masih berstatus prototipe. Cuma tidak menutup kemungkinan ban ini akan segera diproduksi massal dan bisa digunakan segera diberbagai mobil.
 
Selain GM dan Michelin, ban tanpa udara ini juga sudah pernah dipikirkan oleh Bridgestone dengan menghadirkan ban Air Free Concept (Non- Pneumatic). Ban konsep ini memiliki struktur jari-jari di tengah ban, serta terbuat dari bahan resin termoplastik dan karet.
 
Jadi jari-jari ban tersebut jelas bersifat elastis dan mengikuti permukaan jalan. Tidak diperlukan lagi udara untuk membuat ban ini berfungsi.
 
Sayonara ban bocor!
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif