Masih segar di ingatan betapa produk pelumas adalah produk yang bisa saja dipalsuken begitu saja oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Toh ada potensi bisnis yang besar dari sisi perekonomiannya. Hal ini juga yang membuat PT ExxonMobil Lubricants Indonesia (PT EMLI) melalui lini merek MobilTM Lubricants untuk melakukan ekspansi regional center-nya di wilayah lain Indonesia.
Ekspansi sektor Business to Business (B2B) ini yaitu Regional Distribution Center (RDC) yang berlokasi di Komplek Pergudangan Parangloe Indah, Makassar untuk memperkuat rantai pasokan pelumas yang benar-benar asli dari PT EMLI khususnya untuk pendistribusian di wilayah timur Indonesia. Ini sekaligus menjadi cara mereka memperkecil ruang gerak pelumas palsu di wilayah tersebut.
Peresmian RDC yang berlangsung pada Selasa, 23 Mei 2023 ini dihadiri langsung oleh perwakilan PT EMLI, distributor, dan juga perwakilan dari PERTAABI yang sehari sebelumnya telah mengadakan kegiatan seminar untuk para pelaku industri di wilayah Sulawesi. Acara ini juga sekaligus memperkenalkan fasilitas dan teknologi RDC kepada para pemangku kepentingan. Terlebih soal penanganan dan pengelolaan produk sebelum didistribusikan kembali.
President Director PT EMLI, Syah Reza mengatakan bahwa mereka memiliki keyakinan untuk memberikan tingkat layanan tertinggi kepada pelanggan. Sekaligus melakukan edukasi soal pentingnya melihat keaslian produk pelumas untuk kendaraan sebelum memutuskan untuk membeli. Mengngat ketika pelumas saja salah, maka itu bisa merusak kendaraan.
Baca Juga:
Seres 'Cek Ombak' Di PEVS 2023
"Kami ingin memanfaatkan keahlian dalam manajemen logistic, dan rantai pasokan. Kami juga berkomitmen untuk mengoperasikan jaringan distribusi yang efisien, dan efektif yang memungkinkan pelanggan kami untuk memenuhi tujuan bisnis mereka. Kami akan selalu berusaha untuk menciptakan budaya perbaikan terus-menerus, inovasi dan kerja tim secara berkesinambungan," ujar Syah Reza.
Saat ini, total 6 RDC dari PT EMLI telah tersebar di seluruh wilayah Indonesia untuk menjangkau distribusi produk dan layanan di wilayah barat dan timur Indonesia, dan sebagian besar telah tersertifikasi ISO 9001 dan ISO 14001. Semua RDC tersebut juga telah dilengkapi dengan fasilitas sistem Racking, Reach Truck, dan sistem manajemen inventaris dibawah SAP.
Juga didukung dengan sistem manajemen gudang untuk mengelola inventaris dengan basis FEFO (First Expiry First Out) yang berguna untuk memastikan kami selalu memberikan produk dengan kondisi terbaik kepada pelanggan.
"Selain kepada konsumen, penting bagi kami untuk hadir lebih dekat dengan para pemangku kepentingan yang bekerjasama dengan kami. Kami harap dengan hadirnya RDC in mampu menjangkau dan memasarkan produk-produk PT EMLI lebih luas lagi di area timur Indonesia, dan meyakinkan para konsumen, bengkel, dan distributor mengenai kualitas, keaslian, dan penerimaan produk yang tepat, cepat, dan berkualitas."
Masih segar di ingatan betapa produk pelumas adalah produk yang bisa saja dipalsuken begitu saja oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Toh ada potensi bisnis yang besar dari sisi perekonomiannya. Hal ini juga yang membuat PT ExxonMobil Lubricants Indonesia (PT EMLI) melalui lini merek MobilTM Lubricants untuk melakukan ekspansi regional center-nya di wilayah lain Indonesia.
Ekspansi sektor Business to Business (B2B) ini yaitu Regional Distribution Center (RDC) yang berlokasi di Komplek Pergudangan Parangloe Indah, Makassar untuk memperkuat rantai pasokan pelumas yang benar-benar asli dari PT EMLI khususnya untuk pendistribusian di wilayah timur Indonesia. Ini sekaligus menjadi cara mereka memperkecil ruang gerak pelumas palsu di wilayah tersebut.
Peresmian RDC yang berlangsung pada Selasa, 23 Mei 2023 ini dihadiri langsung oleh perwakilan PT EMLI, distributor, dan juga perwakilan dari PERTAABI yang sehari sebelumnya telah mengadakan kegiatan seminar untuk para pelaku industri di wilayah Sulawesi. Acara ini juga sekaligus memperkenalkan fasilitas dan teknologi RDC kepada para pemangku kepentingan. Terlebih soal penanganan dan pengelolaan produk sebelum didistribusikan kembali.
President Director PT EMLI, Syah Reza mengatakan bahwa mereka memiliki keyakinan untuk memberikan tingkat layanan tertinggi kepada pelanggan. Sekaligus melakukan edukasi soal pentingnya melihat keaslian produk pelumas untuk kendaraan sebelum memutuskan untuk membeli. Mengngat ketika pelumas saja salah, maka itu bisa merusak kendaraan.
Baca Juga:
Seres 'Cek Ombak' Di PEVS 2023
"Kami ingin memanfaatkan keahlian dalam manajemen logistic, dan rantai pasokan. Kami juga berkomitmen untuk mengoperasikan jaringan distribusi yang efisien, dan efektif yang memungkinkan pelanggan kami untuk memenuhi tujuan bisnis mereka. Kami akan selalu berusaha untuk menciptakan budaya perbaikan terus-menerus, inovasi dan kerja tim secara berkesinambungan," ujar Syah Reza.
Saat ini, total 6 RDC dari PT EMLI telah tersebar di seluruh wilayah Indonesia untuk menjangkau distribusi produk dan layanan di wilayah barat dan timur Indonesia, dan sebagian besar telah tersertifikasi ISO 9001 dan ISO 14001. Semua RDC tersebut juga telah dilengkapi dengan fasilitas sistem Racking, Reach Truck, dan sistem manajemen inventaris dibawah SAP.
Juga didukung dengan sistem manajemen gudang untuk mengelola inventaris dengan basis FEFO (First Expiry First Out) yang berguna untuk memastikan kami selalu memberikan produk dengan kondisi terbaik kepada pelanggan.
"Selain kepada konsumen, penting bagi kami untuk hadir lebih dekat dengan para pemangku kepentingan yang bekerjasama dengan kami. Kami harap dengan hadirnya RDC in mampu menjangkau dan memasarkan produk-produk PT EMLI lebih luas lagi di area timur Indonesia, dan meyakinkan para konsumen, bengkel, dan distributor mengenai kualitas, keaslian, dan penerimaan produk yang tepat, cepat, dan berkualitas."
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(UDA)