Nissan Livina kini hadir dengan menggunakan basis yang sama dengan Mitsubishi Xpander. Medcom.id/Ahmad Garuda
Nissan Livina kini hadir dengan menggunakan basis yang sama dengan Mitsubishi Xpander. Medcom.id/Ahmad Garuda

Mitsubishi: Nissan Livina Tak Makan Pasar Xpander

Otomotif mitsubishi nissan IIMS 2019
Ekawan Raharja • 29 April 2019 08:14
Jakarta: Sudah dua bulan Nissan memasarkan Livina yang mengambil basis dari Mitsubishi Xpander dan sudah mulai ada penjualan. Meski demikian, Mitsubishi melihat perkembangan Livina tidak memakan pasar Xpander yang notabennya dikembangkan pabrikan berlogo tiga berlian dan lebih dahulu diluncurkan di pasar otomotif tanah air.
 
Kepala Divisi Penjualan dan Pemasaran Regional 1 PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), Budi Daulay, menjelaskan tidak ada masalah dengan kehadiran Livina yang serupa dengan Xpander. Bahkan dia menyebutkan tidak ada saling memakan pangsa pasar, sehingga LMPV rakitan cikarang itu bisa tetap mengalami pertumbuhan. Dalam periode dua bulan ini juga disebutkan tidak ada kanibal antara pasar Xpander dan Livina.
 
"Februari-Maret cendrung positif yah trennya, jadi ya mungkin ini ke arah lebih bervariasi saja pilihannya konsumen. Jadi mau milih mobil yang mana," ujar Budi Daulay menjawab pertanyaan Medcom.id di Telkomsel Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Budi Daulay juga berharap dengan kehadiran Livina malah bisa meningkatkan volume segmen Low multi purpose vehicle (LMPV). Mengingat di segmen ini padat dengan berbagai model dari berbagai merek.
 
Jika melihat data wholesale Gabungan Industri Kendaraan Bermotor (Gaikindo) per Maret 2019, Toyota Avanza kembali menjadi pemuncak dengan 8.538 unit. Kemudian berada di belakangnya Xpander dengan angka 8.115 unit, Daihatsu Xenia membuntuti di tempat ketiga dengan angka 3.663 unit, dan Suzuki Ertiga di tempat keempat dengan penjualan 2.898 unit.
 
Sedangkan All New Livina cukup melesat dengan menjual 2.435 unit selama dua bulan belakangan. Mereka berhasil mengasapi Honda Mobilio dengan 1.558 unit dan Wuling Confero 579 unit.
 
Melihat kondisi ini, Mitsubishi menyiapkan beragam promo untuk menggenjot lagi penjualan Xpander. "Kami kerja sama dengan beberapa leasing untuk memberikan paket fleksibel, uang muka ringan mulai dari Rp13 juta, cicilan ringan dari Rp3 juta dan lainnya."
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif