Hyundai Ioniq menjadi armada taksi Grab. Grab
Hyundai Ioniq menjadi armada taksi Grab. Grab

Grab Rambah Mobil Listrik Sebagai Armada Taksi

Otomotif mobil listrik grab razia taksi hyundai
Ekawan Raharja • 13 Desember 2019 14:20
Jakarta: Grab Indonesia meluncurkan inovasi dalam pelayanannya dalam menyediakan mobilitas untuk masyarakat Indonesia. Aplikasi penyedia layanan transportasi itu kini menyediakan taksi dengan mobil listrik yang ramah lingkungan untuk awal 2020.
 
PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia (HMMI) dan Grab Indonesia meluncurkan Hyundai Ioniq yang akan dioperasikan sebagai layanan taksi mobil listrik. Kehadiran Ioniq juga menandai awal perjalanan Hyundai dan Grab Indonesia untuk menghadirkan solusi mobilitas ramah lingkungan di tanah air.
 
"Grab juga berkomitmen untuk selalu memberikan perbedaan yang berarti terhadap cara orang-orang bepergian, dengan cara membangun jaringan transportasi yang berkelanjutan bagi lingkungan. Kami sangat senang terhadap Hyundai yang memiliki kesamaan visi dan keinginan dengan kami untuk mengembangkan ekosistem mobil listrik, dan mendefinisikan kembali pasar mobilitas masa depan, tidak hanya di Indonesia, tapi juga di seluruh Asia Tenggara,” tukas President of Grab Indonesia, Ridzki Kramadibrata, pada Jumat (13/12/2019) di Kantor Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia Jakarta.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pada tahap awal kemitraan, Grab akan mengoperasikan 20 unit Ioniq di DKI Jakarta awal tahun 2020. Mobil listrik ini 100 persen digerakan bersumber tenaga listrik, dengan kapasitas baterai 38,3 kWh dan dapat diisi ulang hingga 80 persen hanya dalam 57 menit dengan fast-charging (50-kW). Ketika baterai terisi penuh, Ioniq mampu menempuh jarak mengemudi hingga 373 kilometer.
 
Grab Rambah Mobil Listrik Sebagai Armada Taksi
 
Di samping itu, merek asal Korea Selatan ini telah menyiapkan rencana jangka panjang untuk lebih jauh lagi membangun ekosistem mobil listrik di Indonesia. Salah satunya dengan menjual lini mobil listriknya kepada konsumen di Indonesia.
 
“Kami berkomitmen untuk memimpin elektrifikasi di bawah Strategi 2025 dengan fokus pada penyajian produk dan layanan yang paling diinginkan oleh pelanggan. Indonesia adalah pasar besar dan kami akan melakukan yang terbaik untuk mempersiapkan negara ini dengan masa depan," ungkap Presiden Direktur PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia, Yoon Seok Choi, dikesempatan yang sama.
 
Program kerja sama antara Grab dan Hyundai menggunakan mobil listrik bukan hal yang pertama kali dilakukan. Sebelumnya mereka sudah melakukan kerja sama serupa di Singapura dengan menggunakan 200 unit Kona EV sebagai proyek pertama di negara tersebut.
 
Melalui terobosan teknologi kendaraan yang ramah lingkungan, merek yang berencana membangun pabrik di Indonesia ini hendak menjadi produsen mobil listrik terbesar ketiga di dunia tahun 2025. Dengan rencana membangun manufaktur di negara ini serta memasukkan rangkaian produk mobil listrik, Indonesia diharapkan dapat menyusul negara tetangga lain yang sudah terlebih dahulu mengembangkan program mobil listrik mereka, seperti India, Jepang, Thailand, Hongkong, dan Malaysia.
 
Kini para warga DKI Jakarta dan sekitarnya bisa bersuka cita karena semakin banyak pilihan taksi listrik yang bisa digunakan. Sebelumnya, Blue Bird sudah menggunakan BYD dan Tesla sebagai armada taksi mereka dan beroperasi juga di wilayah ibu kota.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif