Mazda belum mau pasarkan BT-50 untuk pasar Indonesia, ada sejumlah alasannya. MazdaTH
Mazda belum mau pasarkan BT-50 untuk pasar Indonesia, ada sejumlah alasannya. MazdaTH

Mazda Takkan Jual BT-50 di Indonesia, Ini Alasannya!

Ahmad Garuda • 06 September 2024 10:44
Jakarta - BT-50 adalah satu dari sekiat tipe yang pernah dipasarkan oleh brand otomotif asal Jepang, yaitu Mazda di Indonesia. Sayangnya sejak beralih kepemilikan perusahaan dari Mazda Motor Indonesia ke Eurokars, tipe mobil double cabin ini tak lagi dipasarkan. Padahal jika melihat pabrikan lain seperti Mitsubishi dan Toyota, mereka bahkan sedang gencar meluncurkan varian terbaru mobil pekerjanya itu.
 
Lalu apa alasan kuat dari Mazda Indonesia saat ini untuk sementara waktu tak mau melakukan penjualan BT-50 di Indonesia? Dipaparkan langsung oleh Presiden Direktur Eurokars Mazda Indonesia, Ricky Thio saat berbicara dengan Medcom.id bahwa ini soal kebijakan yang mereka anut saat ini. 
 
"Alasan terbesarnya adalah karena Mazda saat ini fokus untuk hanya menjual produk yang mereka benar-benar riset dan produksi dari awal. Bukan mobil hasil sharing platform dengan brand lain. Sejak awal Mazda Indonesia berada di bawah manajemen yang baru, Kami benar-benar menjaga filosofi produk kendaraan yang dipasarkan di Indonesia yaitu Jinba Ittai. Artinya Kami hanya menjual produk yang dikembangkan khusus dengan filosofi itu," ujar Ricky Thio di HQ EMI pada Kamis (5/9/2024).

Sementara jika mereka memaksakan menjual produk BT-50 yang ada saat ini, tentu itu tidak sesuai dengan komitmen awal mereka yaitu  produk yang menganut filosofi Jinba Ittai. Jika dilihat sejarah perjalanan produk BT-50, mobil ini pada awalnya merupakan hasil sharing platform dengan Ford Ranger. Namun ketika Ford melakukan update besar-besaran terhadap mobil ini, Mazda tak lagi mengambil platform BT-50 dari brand tersebut.
 
Baca Juga:
Mesin 2-Tak Sepeda Motor: Cara Kerja, Kelebihan, dan Kekurangannya

 
Kemudian pada sekitar 2020, Mazda kembali bekerja sama dengan Isuzu dengan mengambil basis D-Max sebagai sharing platform untuk BT-50 hingga saat ini. Menurut Ricky ini juga tidak sesuai dengan komitmen mereka soal filosofi brand tersebut. Sehingga ditetapkan untuk tetap tidak menjual BT-50 di Indonesia.
 
"Pengembangan Jinba Ittai yang memiliki makna dasar pengemudi menyatu dengan kendaraannya itu meliputi semua hal di kendaraan. Penjabaran lebih detailnya bisa lebih ke pleasure of driving, teknologi mesin, desain bodi, pemilihan warna hingga artistik efek-efek warna ketika terkena cahaya, hingga banyak hal detail lainnya. Jadi untuk saat ini, Kami belum ada rencana untuk memasarkan BT-50 di pasar otomotif Indonesia."
 
BT-50 saat ini memang jadi produk global yang dipasarkan Mazda di beberapa negara. Di Australia dan Thailand mobil ini jadi andalan merek tersebut untuk sektor pertambangan dan perkebunan. Ricky berharap agar Mazda Jepang juga melihat potensi besar di sektor ini, sehingga mereka benar-benar mengembangkan kendaraan pekerja yang satu ini sesuai standar filosofi mereka yang sebenarnya.  
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(UDA)




TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan