Ilustrasi kemacetan di Tol Cipali. Medcom.id/Ahmad Rofahan
Ilustrasi kemacetan di Tol Cipali. Medcom.id/Ahmad Rofahan

Intip Lokasi Rest Area dan Parkir di Tol Cipali

Otomotif perawatan kendaraan tips knowledge
M. Bagus Rachmanto • 29 November 2019 13:31
Jakarta: Fokus dalam berkendara menjadi salah satu faktor utama untuk mencegah kecelakaan lalu lintas. Pengguna jalan tol diharapkan istirahat yang cukup karena tingginya risiko kecelakaan bila pengendara lelah.
 
Tol Cikopo-Palimanan menyiapkan delapan rest area dan dua parking bay (area parkir), yang tersebar di sepanjang jalur Tol Cipali. Baik arah menuju Jakarta ataupun menuju Cirebon.
 
General Manager PT Lintas Marga Sedaya Suyitno menjelaskan, rest area di Cipali terbagi dua tipe, tipe A (besar) dan tipe B (kecil). Dua tipe rest area tersebut berbeda karena fasilitas yang tersedia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Suyitno menyebutkan empat rest area tipe A dilengkapi fasilitas tempat parkir, rumah makan, ATM, toilet, musala, SPBU, bengkel siaga dan layanan kesehatan sementara.
 
"Untuk arah Jakarta, ada di KM101 dan KM164. Dedangkan untuk arah Cirebon, rest area tipe A terdapat di KM102 dan KM166,” ujar Suyinto, dikutip Medcom.id beberapa watku lalu.
 
Intip Lokasi Rest Area dan Parkir di Tol Cipali
 
Rest area tipe B tersebar di empat lokasi. Untuk Rest area tipe B ini dilengkapi fasilitas parkir, musala, rumah makan, ATM dan toilet. Rest area tipe B berada di KM86 dan KM130 jalur menuju Jakarta. Sedangkan arah Cirebon berada di KM86 dan KM130.
 
Tol Cipali juga menyediakan dua Parking bay yang berada di KM153 arah Cirebon dan KM155 arah Jakarta. Parking bay ini hanya dilengkapi dengan fasilitas toilet.
 
Tak terkecuali Rest Area KM 166 yang berada di Tol Cipali, Jawa Barat (arah Jawa Tengah dari Jakarta) yang posisinya berada sebelum gate Palimanan. Rest Area Km 166, tol Cipali Jawa Barat ini terlihat terus menerus berinovasi mengembangkan fasilitas bagi para pengunjungnya. Selain lapangan parkir (kantong Parkir) yang telah diperluas, pada hari Kamis, tanggal 14 November 2019, telah diresmikan Masjid Mandiri Syariah yang berada di Rest Area Km 166, Cipali. Masjid ini merupakan Masjid Modern di Ruas Tol Cipali, Jawa Barat. Rumah ibadah tersebut berdiri di atas lahan seluas 2.500 m2.
 
Rest Area Km 166, Cipali Jawa Barat merupakan Rest Area dengan golongan A. Dimana Rest area golongan A ini merupakan Rest Area dengan fasilitas lengkap dengan menyediakan fasilitas Ruang Laktasi/ Nursing Room dan ruang bermain anak /Play Ground pada pelataran Masjid Mandiri Syariah.
Intip Lokasi Rest Area dan Parkir di Tol Cipali
Terdapat juga dua pilihan area kuliner bagi pengunjung Rest Area Km 166, Cipali, yaitu area The Plaza yang merupakan sentra kuliner dengan lokasi persis sebelah Masjid dan berkonsep Resto- Cafe. Rest Area Km 166 Cipali, Jawa Barat dikenal dengan kedekatan dengan para komunitas roda empat. Rest Area Km 166 menjadi tikum (titik kumpul) para komunitas roda empat dimana area parkirnya yang luas dan faktor kenyamanan yang di suguhkan oleh Rest Area KM 166, Cipali Jawa Barat.
 
Rest Area Km 166 Cipali bekerjasama dengan Rest Area Km 164 (arah Jakarta) juga bekerjasama dengan Organisasi Food Truck Indonesia untuk menggelar Event tersebut adalah Rest Area Food Truck Festival yang merupakan event pertama kali yang di adakan di rest area.
 
Selain itu Rest Area KM 166 dan KM 164 Cipali memiliki merchandiser yang telah di lauching pada saat event mudik lalu. Merchandiser tersebut antara lain T-shirt, Topi, handuk, Sandal, Tas pinggang dll.
 
Animo yang baik dari Pengunjung membuat Rest Area Km 166 Cipali sedang mempersiapkan gerai khusus merchandiser.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif