Kia Seltos kini dipasarkan dengan harga mulai dari Rp295 juta (on the road DKI Jakarta). Medcom.id/Ekawan Raharja
Kia Seltos kini dipasarkan dengan harga mulai dari Rp295 juta (on the road DKI Jakarta). Medcom.id/Ekawan Raharja

Industri Otomotif

Indomobil Belum Pasang Strategi Lokalisasi All New Kia Seltos

Otomotif industri otomotif kia
Ekawan Raharja • 20 Januari 2020 17:18
Jakarta: Kia Indonesia baru saja memperkenalkan All New Seltos di tanah air dengan harga mulai dari Rp295 juta (on the road DKI Jakarta). Di awal-awal kemunculannya ini, merek asal Korea Selatan ini akan memenuhi permintaan konsumen melalui impor dengan skema completely build up (CBU) dari India.
 
Presiden Direktur PT Indomobil Sukses Internasional, Jusak Kertowidjojo, menjelaskan untuk sekarang ini pemenuhan kebutuhan All New Seltos di dalam negeri masih dihadirkan melalui skema impor CBU dari India. Dia pun tidak menutup kemungkinan mengenai rencana skema perakitan lokal (completely knocked-down/CKD), namun tidak dalam waktu dekat ini.
 
"CKD itu tergantung dengan volume, dan kita ada rencana ke sana. Jadi step by step, ya ada (rencana CKD)," tegas Jusak Kertowidjojo Senin (20/1/2020) di Kota Kasablanka Jakarta.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurutnya untuk skema CKD membutuhkan volume (jumlah penjualan mobil) mencapai 30 ribu unit. Setelah itu, baru rencana CKD bisa dilangsungkan meski belum diketahui akan menggunakan pabrik yang mana.
 
"Soal itu (pemanfaatan pabrik Hyundai di Indonesia), saya tidak di posisi bisa menjelaskan itu. Kita nanti punya banyak pabrik, tidak masalah. Sekali lagi, kita harus dapat volumenya dulu," sambungnya.
 
Marketing & Development Division Head PT Kreta Indo Artha, Ario Soerjo, menjelaskan All New Seltos didatangkan dari India karena hanya pabrik ini satu-satunya yang memproduksi crossover compact tersebut. Bahkan pabrik di Korea Selatan juga belum memproduksi, sehingga untuk world premier akhirnya dilaksanakan di India.
 
"India pabrik paling baru dan paling canggih yang dimiliki Kia sekarang ini," tegas Ario.
 
Kia sekarang ini menjalankan bisnis di Indonesia dengan menggunakan PT Kreta Indo Artha, dan bergabung menjadi bagian keluarga grup Indomobil. Sebagai penanda mulai kembali berbisnis di Indonesia, saudara dari Hyundai ini menghadirkan All New Seltos yang berhadapan langsung dengan Honda HR-V.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif