Kegiatan Otomotif

Honda Civic Type R Cetak Rekor di Sirkuit Silverstone

Ekawan Raharja 03 Juli 2018 15:05 WIB
honda mobilkegiatan otomotif
Honda Civic Type R Cetak Rekor di Sirkuit Silverstone
Giliran Matt Neal yang menjadi pengemudi di balik lingkar kemudi Civic Type-R. Honda
Inggris: Honda Civic Type R Challenge 2018 berlanjut di Sirkuit Silverstone Inggris. Hasilnya hatchback satu ini sukses kembali catatkan rekor di salah satu sirkuit legendaris tersebut.

Kali ini Civic Type-R berhasil mencatatkan lap time 2 menit 31,32 detik. Angka ini diklaim Honda lebih baik dari rekor yang ditorehkan oleh Civic Type-R generasi sebelumnya pada 2016.

Giliran Matt Neal yang menjadi pengemudi di balik lingkar kemudi. Kemampuannya mengemudi tidak perlu diragukan lagi karena menjadi juara tiga kali beruntun di British Touring Car Championship.

Menurut keterangan resminya, Sirkuit Silverstone memiliki trek sepanjang 5,89 kilometer. Di sini dibutuhkan mobil dengan stabilitas yang tinggi untuk dapat menaklukkan tikungan berkarakter high speed.

“Saya merasa keunggulan Type-R terlihat saat digunakan kecepatan tinggi di tikungan. Stabilitas, desain yang aerodinamis dan sistem suspensi yang canggih membuat saya lebih percaya diri di lintasan," cerita Matt Neal.


Catatan waktu baru di Sirkuit Silverstone adalah rekor lap time keempat yang diraih oleh Honda Civic Type R. Pada April 2017, Civic Type-R menjadi mobil dengan penggerak roda depan tercepat di Sirkuit Nürburgring Nordschleife dengan lap time 7 menit 43,8 detik.

Setelah itu Honda mengadakan Type-R Challenge 2018 dan membuka seri pertamanya dengan performa dari pembalap WTC Esteban Guerrieri, yang meraih lap time 2 menit 1,51 detik di Sirkuit Magny-Cours GP, Perancis. Kemudian, pembalap Bertrand Baguette berlaga di seri kedua dengan lap time 2 menit 53,72 detik di Sirkuit Spa-Francorchamps, Belgia.



(UDA)