Bengkel Mobil

Ulik Layanan Telematik Bengkel UD Trucks Yokohama

Ahmad Garuda 24 Oktober 2018 06:43 WIB
ud trucks
Ulik Layanan Telematik Bengkel UD Trucks Yokohama
Intip cara kerja sistem telematik UD Trucks di Yokohama. medcom.id/Ahmad Garuda
Yokohama: Tak banyak yang peduli soal pelayanan mobil truk. Mengingat mobil-mobil berdimensi besar itu hanya dimiliki oleh perusahaan yang memang tertarik punya jasa angkutan yang besar atau pun perorangan yang memang bergerang di bidang jasa angkutan barang.  

Namun menarik melihat cara kerja bengkel mereka. Mengingat ada fitur khusus yang berfungsi sebagai monitoring konsumen mereka. Yaitu sistem telematik yang terintegrasi dengan konsumen dan kendaraannya sekaligus.

"Ini adalah sistem yang kami gunakan untuk mengetahui sejauh mana sebuah truk harus melakukan servis, penggantian komponen dan lain sebagainya. Dengan sistem ini pula kami bisa tahu lokasi truk secara real time, memonitor konsumsi bahan bakar hingga perencanaan jalur yang lebih tepat. Tujuannya untuk mencapai yang namanya efisiensi," ujar Customer Centre Manager UD Trucks Yokohama, Yoshikazu Kitou pada Rabu (23/10/2018) di kantornya.

Selain menjelaskan cara kerja sistem tersebut, bengkel brand truk asal Jepang itu juga mengajak kami melihat dari dekat proses pelayanan yang mereka lakukan. Termasuk kondisi bengkel hingga gudang tempat menyimpan stok komponen yang mereka butuhkan.


Berbicara tentang layanan seperti itu, sebenarnya UD Trucks tidak sendirian lantaran rival mereka seperti Mitsubishi Fuso sudah mulai menggunakan sistem serupa. Namun setidaknya jaringan yang lebih lengkap, hingga sistem yang terintegrasi langsung dengan mesinnya, menjadi kunci yang bisa mereka andalkan.

Sekadar informasi, bengkel servis di Yokohama ini sudah berdiri sejak 1993 dan mayoritas konsumen mereka (sebesar 80 persen) adalah konsumen jasa logistik. Di bengkel ini mereka melayani ragam hal yang dibutuhkan konsumen, mulai dari komponen, servis, hingga penggantian mesin berdasarkan permintaan konsumen.



(UDA)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id