Ada huruf B di transmisi mobil hybrid Toyota yang artinya engine brake. Medcom.id/Ekawan Raharja
Ada huruf B di transmisi mobil hybrid Toyota yang artinya engine brake. Medcom.id/Ekawan Raharja

Ini Kegunaan Gigi B di Transmisi Mobil Hybrid Toyota

Otomotif toyota teknologi otomotif mobil listrik
Ekawan Raharja • 11 Oktober 2019 14:02
Banyuwangi: Sistem penggunaan transmisi yang digunakan mobil-mobil hybrid Toyota tidak jauh berbeda dengan transmisi yang biasa digunakan di mobil-mobil konvensional umumnya. Hanya ada satu perbedaan yang ada di transmisi ini, yakni gigi B yang melengkapi gigi D, R, N, dan P.
 
Head of Service Bengkel Auto2000, Fauzon Saptadi, menjelaskan bahwa B di tuas transmisi berarti engine brake. Gigi ini di tuas transmisi ini berfungsi agar pengisian daya baterai listriknya dapat lebih cepat.
 
"Saat deselerasi, tenaga yang dihasilkan disalurkan untuk pengecasan baterai. Gigi B itu gunanya untuk mengoptimalkan pengisian baterai agar lebih cepat,” ucap Fauzon Saptadi pada Rabu (9/10/2019).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Fauzon menyarankan gigi B di mobil-mobil hybrid Toyota dipasang saat mobil melaju di turunan, mengingat akan banyak deselerasi yang didapatkan selama perjalanan dengan kontur menurun. Pengemudi dapat pula memosisikan tuas transmisi di sana ketika mobil mendapatkan momentum untuk meluncur tanpa menekan pedal gas di lintasan lurus.
 
Ini Kegunaan Gigi B di Transmisi Mobil Hybrid Toyota
 
Lebih lanjut, dijelaskan Faozan, meski tuas dipindah ke B, pergerakan dan power mobil tidak akan terpengaruh. Dengan begitu, pilihan B dapat kapan saja digunakan, termasuk dipindahkan ketika mobil sedang berjalan.
 
Head of Public Relations Strategy Content, Dimas Aska, menambahkan dengan transmisi yang berada di posisi B akan membuat mobil berada di posisi gigi rendah dan berada di rpm rendah. Sehingga sisa tenaga berlebih mobil akan tersalurkan ke baterai dengan sendirinya.
 
"Pengguna tidak perlu pusing memikirkan baterai karena sistem akan membaca dengan sendirinya ketika baterai perlu pasokan daya," kata Dimas.
 
Lantas bermasalahkah jika selama perjalanan menggunakan transmisi B? "Sekarang seberapa nyaman kita pakai gigi rendah selama jalan. Sedangkan baterai sebenarnya akan mengisi dengan sendirinya. Ketika dipindah ke B dan baterai mengisi itu sebenarnya bonus," pungkas Dimas pada Kamis (10/10/2019) di The Menjangan Bali.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif