Jalan tol Balikpapan-Samarinda memiliki total panjang 99,350 Kilometer terdiri dari 5 seksi. Jasa Marga
Jalan tol Balikpapan-Samarinda memiliki total panjang 99,350 Kilometer terdiri dari 5 seksi. Jasa Marga

Jalan Tol

Tol Balikpapan-Samarinda Sudah Dibuka untuk Umum, Masih Gratis

Otomotif jalan tol
Ekawan Raharja • 19 Desember 2019 08:52
Balikpapan: Pemerintah sudah meresmikan Tol Balikpapan-Samarinda Seksi Samboja-Samarinda. Bahkan per 19 Desember 2019, masyarakat sudah bisa mengakses jalan tanpa hambatan tersebut.
 
Direktur Utama PT Jasamarga Balikpapan Samarinda (JBS), S.T.H Saragi, menyatakan jalan tol ini untuk sementara waktu dioperasikan tanpa tarif sebagai bentuk sosialisasi kepada masyarakat. “Jalan tol pertama di Kalimantan ini dibuka untuk pengguna jalan dan masih dioperasikan tanpa tarif,” ujar Saragi.
 
Saragi juga mengimbau kepada masyarakat, walaupun tanpa tarif, pengguna jalan tetap harus menyiapkan uang elektronik dan kecukupan saldonya sebelum memasuki gerbang tol (GT). Jalan Tol Balikpapan-Samarinda beroperasi dengan sistem transaksi tertutup, yaitu tarif tol dikenakan proporsional (sesuai jarak). Untuk itu, Saragi menegaskan pentingnya penggunaan satu uang elektronik yang sama dalam satu transaksi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Pengguna jalan wajib membawa uang elektronik karena walaupun dapat mengakses jalan tol tanpa tarif, pengguna jalan tetap harus melakukan tap uang elektronik di gerbang tol."
 
“Uang elektronik yang digunakan pengguna jalan saat melakukan tap in di GT masuk (entrance) harus sama dengan yang digunakan saat tap out di GT keluar (exit). Saat di gardu masuk, pengguna jalan tol akan memperoleh data asal dan golongan kendaraan sedangkan di gardu keluar pengguna jalan akan melakukan pembayaran tol sesuai asal tujuan dan memperoleh tanda terima,” jelas Saragi.
 
Diresmikannya Jalan Tol Balikpapan-Samarinda maka akan memperlancar konektivitas dua kota kegiatan ekonomi bisnis Balikpapan dan Samarinda yang saling melengkapi, pengembangan kawasan industri, serta mempercepat akses masuk ke kawasan inti wilayah Ibu Kota Negara (IKN). “Kita harapkan dari pembangunan ini kecepatan efisiensi bagi mobilitas orang maupun barang, logistik semua bisa betul-betul kita dapatkan,” ujar Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, saat meresmikan jalan tol tersebut.
 
Jalan Tol Balikpapan-Samarinda memiliki panjang total 99,30 kilometer yang terdiri dari lima seksi. Seluruhnya ditargetkan akan tersambung dan bisa dilalui per April 2020.
 
(UDA)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif