BMW dan Mercedes-Benz diharapkan bisa hasilkan mobil otonom level 4 pada 2024. BMW
BMW dan Mercedes-Benz diharapkan bisa hasilkan mobil otonom level 4 pada 2024. BMW

Demi Mobil Otonom, BMW dan Mercedes-Benz Lupakan Rivalitas

Otomotif teknologi otomotif mercedes-benz bmw
Ekawan Raharja • 10 Juli 2019 13:14
Jerman: Sejak lama BMW dan Mercedes-Benz terus berkompetisi untuk menghadirkan mobil-mobil terbaiknya untuk dipasarkan secara global. Namun untuk urusan mobil otonom, mereka mencoba untuk melupakannya dan bekerja sama.
 
Diketahui kedua raksasa otomotif asal Jerman ini memutuskan bekerja sama demi mengembangkan teknologi kendaraan otonom, dikutip dari Jalopnik. Kerja sama ini diharapkan bisa menekan biaya dan mempercepat waktu pengembangan teknologi otonom atau mobil tanpa supir.
 
Kedua perusahaan berkomitmen akan menurunkan 1.200 insinyur yang ahli dibidang kendaraan otonon, membangun pusat riset mobil otonom di Jerman, hingga berbagi data teknologi. Diharapkan mereka bisa membangun program supir secara cepat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Diharapkan kerja sama ini bisa menghasilkan mobil otonom sesuai dengan jadwal. BMW mengumumkan bahwa mereka akan meluncurkan teknologi otonom level 3 pada 2021. Melalui Reuters melaporkan, pengembangan akan fokus pada teknologi fitur bantuan mengemudi otonom di jalan raya, dan parkir otomatis.
 
Kemudian BMW dan Mercedes-Benz akan meluncurkan sistem otonom level 4 pada 2024. Nantinya sistem ini akan dihadirkan untuk masing-masing mobil dari BMW dan Mercedes-Benz.
 
Wacana kerja sama ini pertama kali dihembuskan pada Februari lalu, Daimler dan BMW bilang sedang mencari kemungkinan untuk memangkas biaya riset dan pengembangan. Hal ini tidak terlepas dari kesulitan keuangan dan penurunan margin karena regulasi emisi yang mengetat.
 
Pengembangan mobil otonom juga tidak hanya dilakukan oleh Mercedes-Benz saja. Audi juga sedang mengembangan teknologi otonom dibantu dengan Volkswagen sebagai induk perusahaanya. Banyak diantara produsen otomotif yang menargetkan bisa menghadirkan kendaraan otonom secara penuh pada 2021. Akankah tercapai?
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif