New Nissan Xtrail menawarkan lebih banyak fitur baru dari pada perubahan tampilan. medcom.id/Ahmad Garuda
New Nissan Xtrail menawarkan lebih banyak fitur baru dari pada perubahan tampilan. medcom.id/Ahmad Garuda

Test Drive

Fitur Kekinian ala New Xtrail

Otomotif mobil baru test drive nissan
Ahmad Garuda • 19 Agustus 2019 06:54
Jakarta: Memanjakan diri saat berkendara, saat ini sangat bisa dilakukan. Segudang fitur terkini dari mobil-mobil keluaran anyar saat ini kian memberi kemudahan agar pengemudi lebih fokus berkendara. Yap, hal ini juga dilakukan Nissan melalui New Xtrail miliknya. Ragam fitur baru yang disematkan menjadi 'obat ganteng' untuk sang SUV.
 
Kali ini kami mencoba Xtrail tipe tertinggi yaitu VL. Meski ubahan yang terlihat dari sisi tampilan tidak terlalu signifikan, namun untuk fitur-fitur terbarunya, sangat banyak perbedaan. Hal ini saya rasakan sendiri ketika melakukan pengetesan mobil yang mengisi segmentasi SUV 5-seater tersebut, walau faktnya ada jok tambahan dengan space sangat kecil di bagian belakangnya.
 
Dalam segmen ulasan kali ini, ubahan sangat minor di bagian exterior mobil tidak akan saya bahas secara khusus. Namun lebih ke penajaman bahasan soal fitur-fitur terbaru yang disematkan Nissan terhadap SUV dengan ukuran tanggung tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Fitur Kekinian ala New Xtrail
 
Fitur Mewah
Bagian yang membuat mobil ini sangat menawan adalah terdapat banyak fitur yang semakin memanjakan penggunanya. Baik itu pengemudi maupun penumpang yang ada di dalamnya. Fitur yang berguna untuk memudahkan pengemudi lebih fokus dalam berkendara pun cukup banyak. Fitur-fitur inilah yang mendukung sistem safety mobil semakin lengkap.
 
Fitur tersebut di antaranya lane departure warning, blindspot monitoring signal dan auto hold braking system. Fitur-fitur ini tentunya tidak ditemui di generasi sebelumnya dan cukup membantu pengemudi untuk bisa lebih fokus mengendalikan setang.
 
Fitur Kekinian ala New Xtrail
 
Lane departure warning adalah fitur yang berfungsi memperingatkan pengemudi yang pengemudi agak lalai ketika mobil secara sadar atau tidak disadari sudah berpindah jalur. Fitur ini mendeteksi garis marka jalan pada kecepatan tertentu. Sehingga akan sangat berguna ketika Anda berkendara di jaln tol.
 
Fitur lain adalah blindspot monitoring signal yang cukup unik. Jika kebanyakan mobil-mobil mewah menempatkan sinyal blindspot di ujung kaca spion kiri dan kanan, pabrikan Jepang yang satu ini malah menempatkannya di bagian dalam pilar A atau di pangkal pintu dan sejajar posisinya dengan pangkal spion. Jika dirasakan secara langsung, memang penempatan sinyal lampu blindspot bagian dalam ini lebih terlihat dan juga berfungsi mulai kecepatan tertentu di jalan raya.
 
Sedangkan fitur lain yang cukup membantu adalah auto hold braking system. Fitur ini memberikan kemudahan kepada pengemudi saat berhenti sejenak di jalan menanjak atau menurun tanpa harus mengaktifkan rem parkir. Fitur ini memang bukan pertama kalinya digunakan SUV, lantaran beberapa merek SUV rivalnya seperti Honda CR-V juga sudah dibekali dengan fitur tersebut.
 
Fitur Kekinian ala New Xtrail
 
Fitur mewah lainnya adalah terdapatnya fitur intelligent cruise control (ICC) yang merupakan bahasa lain dari adaptive cruise control. Fitur ini memungkinkan pengemudi tak lagi menekan tuas rem dan gas meski sedang konvoi. Lantaran mobil ini akan menjadikan objek atau mobil di depannya yang bergerak sebagai acuannya. Ada tiga mode jarak yang bisa dipilih berdasarkan waktu yang ditetapkan. Sehingga ini akan menambah keamanan dalam berkendara. Tentu bisa dibilang, di kelasnya mungkin baru Xtrail yang menggunakannya.
 
Alokasi fitur ISS ini pula yang membuat desain emblem bagian depan, lantas berubah bahan. Dari yang biasanya menggunakan plastik dibalur krom, kini menggunakan material seperti kaca atau kristal yang juga berfungsi sebagai radar untuk ISS.
 
Sementara fitur yang membuat penumpang nyaman adalah di bagian kabin sudah menggunakan panoramic roof. Sehingga dalam kondisi yang tidak terik, panoramic roof ini membuat pandangan lebih luas. Di pintu bagian belakang pun terlihat istimewa jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Yaitu sudah menggunakan sensor kaki untuk membuka pintunya. Fitur ini juga tidak terdapat di generasi sebelumnya.
 
Fitur Kekinian ala New Xtrail
 
Lantaran penyegaran lebih banyak dilakukan di sektor fitur dan sistem safety, tak heran jika mesinnya tidak mengalami perubahan, demikian juga dengan sistem transmisi. Bagian yang dipertahankan Nissan termasuk yang cukup top adalah electronic power steering yang sangat ringan. Kemudian juga sistem suspensi yang nyaman dan ideal untuk sebuah SUV. Sayangnya, tidak ada versi 4x4 atau all wheel drive untuk mobil ini.
 
Dengan banyaknya fitur baru yang disematkan di mobil tersebut, wajar jika harga jualnya pun naik jadi Rp530 jutaan. Apalagi dengan perubahan skema pajak kendaraan yang baru, membuat pecinta Xtrail, mungkin agak sungkan untuk menebus mobil ini. Mengingat dengan budget seperti itu, mereka bisa mendapatkan full size SUV meski fiturnya belum secanggih ini.
 
Lalu hal lain yang menjadi pertimbangan adalah jok baris ketiga yang terlalu sempit. Sementara Honda CR-V sudah mampu memberikan kenyamanan dengan ruang kaki yang cukup lega di bagian belakang. Namun di balik kelemahan yang satu ini, mungkin ada pertimbangan tertentu dari Nissan agar Terra tak terusik oleh adiknya ini.
 
(UDA)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif