Pengujian emisi gas buang yang dihasilkan mobil. Anamotors
Pengujian emisi gas buang yang dihasilkan mobil. Anamotors

GAIKINDO Desak Pemerintah Segera Berlakukan Euro4

Otomotif emisi kendaraan
Ainto Harry Budiawan • 14 Juni 2016 12:37
medcom.id, Jakarta: Polusi udara hasil pembakaran mesin bisa ditekan bila standart bahan bakar ditingkatkan. Standar emisi seperti Euro perlu Indonesia berlakukan sebagaia acuan baru tentang kendaraan ramah lingkungan.
 
Indonesia saat ini masih mengacu standar emisi Euro2. Hal ini pun dikeluhkan sejumlah produsen kendaraan di Indonesia, yang disampaikan lewat Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO).
 
"Bisa dikatakan tinggal Indonesia, Laos dan Myanmar yang masih Euro2. Filipina akhir tahun ini Euro4. Kebijakan ini ada di tangan pemerintah, termasuk penyediaan bahan bakar lebih berkualitas," papar Ketua Umum Gaikindo, Yohannes Nangoi..

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Risiko tak beranjak dari standar Euro2, produsen otomotif di Indonesia yang juga memproduksi untuk negara lain dengan standar emisi lebih tinggi harus membuat dua tipe dari model yang sama. "Ini jadi kurang efisien," sambungnya.
 
Belum lagi kalau ada satu merek yang mau meluncurkan produk di Indonesia, maka harus mengkonversi dulu menjadi standar Euro2 atau menunda peluncurannya. Sedangkan jika dipaksakan memproduksi kendaraan Euro4 saat ini, bisa-bisa saja tapi akan percuma.
 
Spesifikasi bahan bakar yang tidak disesuaikan justru membuat segala macam teknologi pada kendaraan tidak akan berguna, dan asap sisa pembakaran tidak sesuai standar emisi Euro4.

 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif