Swedia: Volvo mengembangan multi purpose vehicle (MPV) mewah berbasis energi listrik murni yang diberi nama Volvo EM90. Mobil ber-body bongsor ini dikembangkan dengan memanfaatkan teknologi kendaraan listrik dari China yang dimiliki oleh Geely.
EM90 dikembangkan dengan mengambil platform Sustainable Experience Architecture yang digunakan Zeekr 009, di mana mereka bersaudara di bawah naungan Geely. Jelas mobil ini bisa menjadi lawan yang sepadan, dari aspek kemewahannya, bagi Lexus LM dan Mercedes-Benz V-Class.
Desain Eksterior Volvo EM90
Mobil listrik ini diketahui memiliki panjang 5.206 mm, lebar 2.024 mm, tinggi 1.859 mm, dengan jarak sumbu roda 3.205 mm. Area Fascia mirip model elektrik lainnya tanpa grille namun Diberikan aksen LED kecil-kecil frameless.
Pintu sliding dirancang dengan gagang pintu seolah menyatu dengan pintu depan. Pilar A sampai D dihitamkan kontras bodi sehingga membuat atap seperti melayang (floating roof).
Area kaki tampak kokoh dengan pilihan pelek 19 inci yang dibalut ban Continental UltraContact UC6 berprofil 255/50, atau ukuran yang lebih besar ada 20 inci dengan roda sama berukuran 265/45.
Desain buritan dibuat simpel. Volvo memberikan ilusi seolah mobil tak terlihat besar dari belakang. Palang black piano yang menyatu dengan bingkai jendela menjadi kanvas bagi lampu kombinasi. Volvo mendesainnya dengan bentuk T yang terdiri dari kumpulan garis hingga ukuran kecil.
Nuansa Interior yang Minimalis
Konsep kabin didesain dengan mengedepankan suasana minimalis, elegan dan modern. Dashboard dibuat sederhana dengan head unit 15,4 inci floating yang menjadi pusat multimedia dan fitur-fitur kenyamanan standar mobil. Sementara pengemudi didukung panel instrumen digital 8 inci yang menampilkan informasi kendaraan lengkap.
Area konsol tengah besar hanya diisi tuas transmisi, tombol hazard, dan rem tangan. Sisanya untuk kompartemen termasuk wireless charging dan cup holder.
Sistem audio diperkuat 21 speaker Bowers & Wilkins yang tersebar di berbagai area, termasuk di headrest. Total power dari sistem audi mencapai 2.460 W.
Perangkat perlindungan seluruh penumpang dari polusi didukung penyaring udara yang dapat menghilangkan 95 persen partikel PM2.5.
Volvo menerapkan tatanan kursi 2+2 di belakang. Mobil dapat menampung 6 orang demi rasa eksklusif dan premium. Jok penumpang dibuat dengan ketebalan 120 mm sehingga nyaman diduduki.
Dipadukan meja lipat, cup holder, leg rest, pemanas dan pendingin terintegrasi di jok baris kedua. Sementara paling belakang memiliki cup holder dan colokan USB Type-C. Hiburan bagi seluruh penumpang berupa layar besar di langit-langit dan touchscreen di door trim sebagai kontrol.
Performa 0-100 KM/Jam Hanya 8,3 Detik
Kekuatan roda-roda EM90 didukung motor magnet synchronous berkekuatan 200 kW (268,4 daya kuda) dan torsi puncak 343 Nm. Berdasarkan data kecepatan puncak mencapai 180 km/jam, dengan akselerasi 0-100 km/jam dalam 8,3 detik.
Baterainya jenis lithium 116 kWh dengan daya tempuh sejauh 738 km. Pengisian baterai didukung fungsi fast charging dengan durasi 28 menit dari kapasitas 10 persen menjadi 80 persen.
Mobil pun mendukung fungsi VtoL atau menjadi generator bagi perangkat elektronik lain. Ke depannya pabrikan bakal merilis unit dengan sistem penggerak seluruh roda.
Swedia: Volvo mengembangan multi purpose vehicle (
MPV) mewah berbasis energi listrik murni yang diberi nama Volvo EM90. Mobil ber-body bongsor ini dikembangkan dengan memanfaatkan teknologi
kendaraan listrik dari China yang dimiliki oleh Geely.
EM90 dikembangkan dengan mengambil platform Sustainable Experience Architecture yang digunakan Zeekr 009, di mana mereka bersaudara di bawah naungan Geely. Jelas mobil ini bisa menjadi lawan yang sepadan, dari aspek kemewahannya, bagi Lexus LM dan Mercedes-Benz V-Class.
Desain Eksterior Volvo EM90
Mobil listrik ini diketahui memiliki panjang 5.206 mm, lebar 2.024 mm, tinggi 1.859 mm, dengan jarak sumbu roda 3.205 mm. Area Fascia mirip model elektrik lainnya tanpa grille namun Diberikan aksen LED kecil-kecil frameless.
Pintu sliding dirancang dengan gagang pintu seolah menyatu dengan pintu depan. Pilar A sampai D dihitamkan kontras bodi sehingga membuat atap seperti melayang (floating roof).
Area kaki tampak kokoh dengan pilihan pelek 19 inci yang dibalut ban Continental UltraContact UC6 berprofil 255/50, atau ukuran yang lebih besar ada 20 inci dengan roda sama berukuran 265/45.
Desain buritan dibuat simpel. Volvo memberikan ilusi seolah mobil tak terlihat besar dari belakang. Palang black piano yang menyatu dengan bingkai jendela menjadi kanvas bagi lampu kombinasi. Volvo mendesainnya dengan bentuk T yang terdiri dari kumpulan garis hingga ukuran kecil.
Nuansa Interior yang Minimalis
Konsep kabin didesain dengan mengedepankan suasana minimalis, elegan dan modern. Dashboard dibuat sederhana dengan head unit 15,4 inci floating yang menjadi pusat multimedia dan fitur-fitur kenyamanan standar mobil. Sementara pengemudi didukung panel instrumen digital 8 inci yang menampilkan informasi kendaraan lengkap.
Area konsol tengah besar hanya diisi tuas transmisi, tombol hazard, dan rem tangan. Sisanya untuk kompartemen termasuk wireless charging dan cup holder.
Sistem audio diperkuat 21 speaker Bowers & Wilkins yang tersebar di berbagai area, termasuk di headrest. Total power dari sistem audi mencapai 2.460 W.
Perangkat perlindungan seluruh penumpang dari polusi didukung penyaring udara yang dapat menghilangkan 95 persen partikel PM2.5.
Volvo menerapkan tatanan kursi 2+2 di belakang. Mobil dapat menampung 6 orang demi rasa eksklusif dan premium. Jok penumpang dibuat dengan ketebalan 120 mm sehingga nyaman diduduki.
Dipadukan meja lipat, cup holder, leg rest, pemanas dan pendingin terintegrasi di jok baris kedua. Sementara paling belakang memiliki cup holder dan colokan USB Type-C. Hiburan bagi seluruh penumpang berupa layar besar di langit-langit dan touchscreen di door trim sebagai kontrol.
Performa 0-100 KM/Jam Hanya 8,3 Detik
Kekuatan roda-roda EM90 didukung motor magnet synchronous berkekuatan 200 kW (268,4 daya kuda) dan torsi puncak 343 Nm. Berdasarkan data kecepatan puncak mencapai 180 km/jam, dengan akselerasi 0-100 km/jam dalam 8,3 detik.
Baterainya jenis lithium 116 kWh dengan daya tempuh sejauh 738 km. Pengisian baterai didukung fungsi fast charging dengan durasi 28 menit dari kapasitas 10 persen menjadi 80 persen.
Mobil pun mendukung fungsi VtoL atau menjadi generator bagi perangkat elektronik lain. Ke depannya pabrikan bakal merilis unit dengan sistem penggerak seluruh roda.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(UDA)