Tesla Model 3. Tesla
Tesla Model 3. Tesla

Pajak Kendaraan

Harganya Tembus Rp1,5 Miliar, Pajak Tesla Model 3 Kecil Banget

Ekawan Raharja • 09 Agustus 2022 11:00
Jakarta: Tesla Model 3 merupakan salah satu mobil listrik yang dipasarkan untuk konsumen di Indonesia. Meski memiliki banderol yang tergolong cukup mahal, namun untuk pajak tahunannya tergolong sangat murah.
 
Menurut laman Tokopedia Prestige Motorcars, akun resmi jual beli Tesla di Indonesia, mencantumkan harga jual mobil tanpa emisi gas buang ini di Rp1,5 miliar (on the road DKI Jakarta). Kemudian untuk buaya booking fee untuk mobilnya sendiri di Rp99.999.999 juta.
 
Meski demikian, pajak tahunan yang ditawarkan oleh mobil ini tergolong murah. Berdasarkan laman di Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), tercantum pajak untuk tahun pertamanya berada di Rp2.247.000.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Loh kenapa bisa murah sekali? Untuk Wilayah DKI Jakarta, pemerintah setempat mengratiskan BBN (Bea Balik Nama) dan PKB tahunan. Aturan ini termuat dalam Peraturan Gubernur No. 41 Tahun 2021 tentang Penghitungan Dasar Pengenaan Pajak Kendaraan Bermotor dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor Pembuatan Sebelum Tahun 2021.
 
Perhitungan PKB kendaraan listrik sebenarnya sama saja dengan kendaraan lain. Hanya, untuk kendaraan listrik pemiliknya cukup bayar 10% dari PKB keseluruhannya.
 
Kemudian ada juga Peraturan Menteri Dalam Negeri No. 1 Tahun 2021 tentang Perhitungan Dasar Pengenaan Pajak Kendaraan Bermotor dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor.
 
Dalam Pasal 10 dan Pasal 11 disebutkan, pajak kendaraan listrik hanya perlu dibayarkan 10 persen dari tarif normalnya. Itu berlaku untuk PKB kendaraan listrik untuk orang atau barang serta untuk angkutan umum orang atau barang.
 
Nah kira-kira tertarik memilik Tesla Model 3?
 
(ERA)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif