Aplikasi NissanConnect. Carscoops.
Aplikasi NissanConnect. Carscoops.

Teknologi Otomotif

Hackers Ini Klaim Bisa Bajak Mobil Honda & Nissan

Ekawan Raharja • 05 Desember 2022 13:00
Jakarta: Penggunaan fitur konektivitas di mobil bertujuan untuk mempermudah pemiliknya mengakses sejumlah fitur & perintah. Di sisi lain, penggunaan teknologi ini membuka peluang kejahatan untuk membajak mobil tanpa membutuhkan kunci atau remotnya.
 
Seorang peretas, Sam Curry, mengungkapkan kerentanan keamanan fitur konektivitas yang dimiliki oleh Sirius XM. Dua pun mengungkap kelemahan perangkat yang dikembangkan perusahaan Sirius XM dan membuatnya bisa membajak mobil-mobil Honda, Acura, Nissan, dan Infinity.
 
Dikutip dari Carscoops, peretasan yang dilakukan oleh Sam mampu membuatnya menyalakan mobil dari jarak jauh. Selain itu, dia juga bisa melakukan sejumlah perintah lainnya seperti membuka kunci mobil, menemukan lokasinya, menyalakan lampu, klakson, dan lainnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sirius XM ini merupakan perusahaan penyiaran yang berlokasi di Amerika Serikat. Sirius XM menyediakan radio satelit dan layanan radio online. Belum lama ini, Sirius XM terpaksa meningkatkan sistem keamanannya dari para peretas.
 
Sam menyebutkan dia hanya membutuhkan Vehicle Identification Number (VIN) yang akan dibajaknya. Hal ini dikarenakan Sirius XM menggunakan VIN untuk perintahnya dan mengambil profil penggunanya. Peretas yang bisa menembus sistem keamanan tersebut bisa mengetahui nama pemilik mobil, nomor telepon, alamat, dan detail mobilnya.
 
Curry mengungkapkan bahwa pabrikan mobil telah mengizinkan pemilik untuk mengautentikasi data melalui aplikasi seluler, seperti aplikasi Nissan Connected dan aplikasi MyHonda.
 
(ERA)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif