Mobil Modern Butuhkan Pelumas yang Encer
Tren pelumas yang dibutuhkan sekarang ini adalah yang lebih encer. Suzuki
Jakarta: Perkembangan teknologi otomotif membuat beberapa komponen lainnya membutuhkan penyesuaian termasuk pelumasan. Jika zaman dulu kendaraan membutuhkan pelumas yang kental, tetapi kini kendaraan membutuhkan pelumas yang encer.

Direktur Sales & Marketing PT Pertamina Lubricants, Adrian Nusa, menjelaskan perkembangan pelumas sekarang ini kepada efisiensi. Sekarang dibutuhkan pelumas yang lebih encer, dan produsen pelumas harus mengikuti.

"Kita mengembangkan pelumas yang encer seperti 10W-30, 5W-30, dan sebagainya," jawab Andrian kepada Medcom.id Senin (16/10/2018) di Dhonika Jakarta.


Bahkan disebutkan ada beberapa produsen yang menyarankan 0W-20. Sehingga teknologi pelumas sebagai pelapis harus dikembangkan dan semakin baik dalam melindungi.

"Jika pelumas semakin encer, maka lapisan pelumasnya semakin tipis. Kalau pakai teknologi lama, lapisannya mudah pecah dan tidak cocok lagi."

Efek jika lapisan pelumas pecah dan tidak bisa melindungi, maka terjadi gesekan di piston tidak baik. Lama-kelamaan bisa membuat aus dan kerusakan di beberapa komponen.

Adrian menerangkan pelumas-pelumas Pertamina sekarang sudah dilengkapi dengan nano teknologi. Teknologi ini memastikan perlindungan hingga ke sela-sela terkecil untuk melindungi gesekan.

"Jadi kita perlu formulasi lagi, teknologi baru, sehingga pelumas sekarang tidak mudah pecah karena tujuan utama pelumas adalah melindungi gesekan."



(UDA)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id