Airbag Takata kembali menelan korban jiwa. EURONCAP
Airbag Takata kembali menelan korban jiwa. EURONCAP

Recall Mobil

Masih Mau Abaikan Recall Airbag? Begini Jadinya

Otomotif honda mobil recall mobil
Ekawan Raharja • 05 Oktober 2020 11:00

Amerika Serikat: Berita mengenai recall airbag Takata belum berakhir sampai sekarang ini. Bahkan akibat konsumen mengabaikan recall yang dilakukan pabrikan membuat korban jiwa bertambah.
 
Diketahui ada satu korban jiwa tambahan akibat malfungsi inflator airbag Takata, dan ini menjadi korban jiwa ke-17 di Amerika Serikat. Kasus ini sudah dipastikan oleh National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) Amerika Serikat dan Honda Motor Co. Ltd. pada 20 Agustus 2020.
 
Diketahui korban menggunakan Honda Civic Tahun 2002 dan mobil itu sudah termasuk ke dalam program recall yang dilakukan oleh pabrikan. Civic tahun 2002 ini seharusnya sudah menjalani recall sejak Desember 2011 untuk penggantian inflator airbag pengemudi. Kemudian di tahun 2014 kembali diumumkan recall untuk airbag penumpang depan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sayangnya sejak Desember 2011, mobil ini tidak pernah kunjung datang ke bengkel untuk menjalani program recall. Padahal pihak Honda sudah mengirimkan lebih dari 15 surat pemberitahuan kepada pemilik terdaftar dan berbagai upaya untuk menghubungi pemilik kendaraan.
 
Nahasnya, korban jiwa kali ini bukanlah pemilik kendaraan yang terdaftar di pabrikan. Sehingga ada kemungkinan korban kali ini tidak mengetahui apakah mobilnya sudah melakukan perbaikan inflator airbag atau belum ke bengkel resmi.
 
Airbag Takata memiliki masalah di bagian inflator, dimana ada kemungkinan tidak stabil. Inflator ini berfungsi mengembangkan kantung udara saat kecelakaan, namun di Takata ledakannya bisa sangat kuat hingga akhirnya merusak sejumlah komponen di setir dan menyebabkan luka bagi penumpang.

Honda Indonesia Masih Membuka Recall Inflator Airbag Takata

Kasus airbag Takata ini tidak hanya terjadi di Amerika Serikat saja, bahkan sampai di Indonesia juga. Hingga saat ini, Honda Indonesia juga masih membuka program recall airbag dan mempersilahkan untuk konsumennya datang memenuhi panggilan tersebut.
 
Program recall airbag ini masih meminta kepada konsumen untuk melakukan penggantian komponen secara cuma-cuma alias gratis. Kepada konsumen pemilik Civic (2001-2011), Stream (2002-2006), CR-V (2002-2012), Accord (2003-2013), City (2004-2013), Jazz (2004-2014), Odyssey (2004-2008). Freed (2009-2015), dan Brio (2013-2014) untuk bisa segera memenuhi panggilan yang sudah dilakukan oleh pihak pabrikan.
 
Untuk melakukan perbaikan ini, konsumen bisa datang ke bengkel resmi dan tentunya disertai dengan booking service sebelumnya. Kini di tengah pandemik Covid-19 sekarang ini, Jenama asal Jepang itu memberikan juga sejumlah pilihan layanan recall seperti Booking online melalui aplikasi E-Care, layanan perbaikan di rumah melalui Home Service ataupun Pick-up Service.


 
(ERA)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif