Selain itu pencucian bus di depo oleh pihak Transjakarta juga menggunakan cairan disinfektan khusus saat sebelum dan sesudah bus beroperasi. Transjakarta
Selain itu pencucian bus di depo oleh pihak Transjakarta juga menggunakan cairan disinfektan khusus saat sebelum dan sesudah bus beroperasi. Transjakarta

Transportasi Umum

Cegah Virus Korona, Bus Transjakarta Dibersihkan Pakai Disinfektan

Otomotif transjakarta busway
Ekawan Raharja • 04 Maret 2020 09:31
Jakarta: Virus Korona sudah mulai memasuki Indonesia, dan seluruh lapisan masyarakat siap siaga untuk mengantisipasi penularan covid-19. PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) sebagai operator bus dalam kota juga tidak ketinggalan dengan membersihkan bus beserta haltenya dengan cairan disinfektan agar memperkecil risiko penularan Virus Korona terhadap penumpang Transjakarta.
 
Per 3 Maret 2020, Transjakarta memperluas penyediaan hand sanitizer untuk pelanggan di 80 halte. Selain itu, mereka juga membekali petugas dengan sarung tangan dan masker serta lebih mengaktifkan edukasi dan sosialisasi pencegahan virus kepada pelanggan melalui sosial media, Passenger Information System yang ada pada seluruh halte (PIS). Perusahaan BUMD ini juga menyiapkan alat deteksi suhu tubuh untuk memastikan pelaksanaan tindakan yang diperlukan apabila ada yang terdeteksi.
 
Selain itu, melalui keterangan resminya, Transjakarta melakukan sosialisasi rencana pencegahan dan penanganan covid-19 ini ke mitra operator bus, petugas lapangan, dan seluruh karyawan kantor pusat dan Depo. Kini mereka lebih agresif melakukan tindakan pencegahan hingga penanganan pencucian dan pembersihan interior bus menggunakan Disinfectant.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Manajemen Transjakarta memastikan para petugas khusus untuk selalu membersihkan handgrip (pegangan bus) sebelum berangkat dari depo dan dibersihkan kembali saat penurunan pelanggan di halte-halte akhir dengan menyiagakan petugas covid dan berkoordinasi dengan tim penanganan covid-19 Dinas Kesehatan Pemprov DKI Jakarta. Selain itu pencucian bus di depo oleh pihak Transjakarta juga menggunakan cairan desinfektan khusus saat sebelum dan sesudah bus beroperasi.
 
Operator rapid bus ini juga menghimbau penumpang mulai memperkuat ketahanan tubuh masing-masing. Ini bisa dimulai dengan asupan bergizi dan vitamin, membasuh tangan dengan alat pembersih steril dan menjaga agar tangan tidak serta merta berinteraksi dengan mulut, hidung, dan mata tanpa dibersihkan terlebih dahulu.
 
Perusahaan juga sudah berkoordinasi dengan instansi terkait seperti dinas kesehatan dan rumah sakit rujukan untuk melakukan koordinasi tindakan tindakan yang dilakukan.
 
(UDA)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif