Pada bulan April 2020, pembelian mobil secara online meningkat hingga mencapai sekitar 20 persen dari seluruh total penjualan di Indonesia. Honda
Pada bulan April 2020, pembelian mobil secara online meningkat hingga mencapai sekitar 20 persen dari seluruh total penjualan di Indonesia. Honda

Industri Otomotif

Pandemik Covid-19 Bikin Konsumen Melek Beli Mobil Secara Online

Otomotif industri otomotif honda mobil jual beli mobil
Ekawan Raharja • 21 Mei 2020 14:36
Jakarta: Pandemik Covid-19 yang ada di Indonesia, ditambah dengan pembatasan sosial berskala besar (PSBB), memaksa dealer-dealer kendaraan tutup melayani konsumen. Kondisi ini ternyata memberikan efek positif yakni konsumen otomotif di Indonesia melek dengan sistem pembelian online.
 
Business Innovation and Marketing & Sales Director PT Honda Prospect Motor, Yusak Billy, menjelaskan seiring penerapan PSBB di beberapa kota di Indonesia dalam dua bulan terakhir, jumlah konsumen yang melakukan pembelian mobil secara online terus meningkat. Pada akhir tahun 2019 lalu, pembelian mobil Honda yang dilakukan secara online tercatat masih di bawah 5 persen. Sementara pada bulan April 2020, pembelian mobil secara online meningkat hingga mencapai sekitar 20 persen dari seluruh total penjualan di Indonesia.
 
“Peningkatan pembelian mobil secara online dipengaruhi antara lain oleh pembatasan aktivitas konsumen di luar rumah dan juga perilaku konsumen yang semakin terbiasa melakukan belanja secara online. Hal ini terutama berasal dari konsumen yang melakukan pembelian kembali atau pernah melakukan pembelian mobil sebelumnya, namun saat ini juga mulai banyak dilakukan oleh konsumen baru yang semakin percaya terhadap Honda. Kami melihat hal ini juga akan terus meningkat setelah kita memasuki era normal yang baru nanti,” jelas Yusak Billy melalui keterangan tertulisnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Melihat mulai adanya perubahan pola pembelian konsumen, kini merek asal Jepang itu mencoba membuat program penjualan khusus melalui pembelian online. Diharapkan program ini bisa menarik minat konsumen dan membuat konsumen semakin familiar dengan pembelian secara online.
 
Sebagai contoh saja bagi konsumen yang melakukan pembelian melalui situs resmi Honda, mereka menawarkan gratis cicilan selama 3 bulan utnuk pembelian Mobilio dan BR-V. Tidak hanya itu, konsumen juga akan mendapatkan bonus berupa gratis biaya perawatan berkala (Jasa dan parts) selama 50.000 kilometer atau 4 tahun khusus untuk pembelian Mobilio, BR-V, CR-V, Jazz, Brio dan HR-V (Syarat & ketentuan berlaku).
 
Untuk semakin memudahkan konsumen melakukan transaksi secara online, Honda juga menggandeng beberapa situs e-commerce, yaitu Blibli dan Tokopedia. Melalui kerjasama ini, mereka akan membuka toko resmi serta memberikan promo eksklusif untuk konsumen yang melakukan pembelian di kedua situs penjualan online tersebut.
 
“Kolaborasi antara Tokopedia dengan Honda juga menjadi salah satu upaya kami dalam mengakselerasi adopsi digital bagi para pelaku usaha, termasuk dari industri otomotif, agar bisnis yang masih sepenuhnya dikelola offline dapat segera beroperasi kembali dengan membuka kanal online,” tambah AVP of Business Tokopedia, David Kartono.
 
Proses penjualan secara online sekarang ini tidak hanya dikembangkan oleh Honda, karena Toyota sudah memulai terlebih dahulu melalui Digiroom Auto2000 atau DFSK yang bekerja sama dengan Blibli. Bahkan BMW lebih berani dengan meluncurkan New Seri-3 Touring yang dipasarkan secara khusus melalui toko resminya di Tokopedia.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif