Tsunehiro Kunimoto hingga saat ini terus berkarya menghasilkan desain-desain kendaraan yang hingga saat ini karyanya secara tanpa sadar kita sering lihat. Mitsubishi
Tsunehiro Kunimoto hingga saat ini terus berkarya menghasilkan desain-desain kendaraan yang hingga saat ini karyanya secara tanpa sadar kita sering lihat. Mitsubishi

Sosok Otomotif

45 Tahun Ketekunan Tsunehiro Kunimoto Menjadi Desainer Kendaraan

Otomotif mitsubishi industri otomotif Sosok Inspiratif
Ekawan Raharja • 12 Februari 2020 15:00
Jakarta: Tsunehiro Kunimoto hingga saat ini terus berkarya menghasilkan desain-desain kendaraan yang hingga saat ini karyanya secara tanpa sadar kita sering lihat. Pria asal Jepang ini merupakan pria yang bertanggung jawab di balik desain kendaraan penumpang Mitsubishi Motors.
 
Tercatat sejak kecil, dia memang memiliki ketertarikan dengan dunia desain. Saat itu sang ayah seringkali bepergian keluar negeri dan membawakan beragam peralatan serta perkakas dari Eropa dan Amerika. Kunimoto melihat barang-barang yang dibawa oleh ayahnya itu memiliki desain yang sangat indah, berbeda dengan barang yang ada di Jepang saat itu.
 
“Dari peralatan yang dibawa oleh ayah, memicu saya menyukai dunia desain. Karena produk yang memiliki desain indah itu ternyata juga fungsional. Desain yang ergonomis dan fungsional itu benar-benar berkualitas bagus dan sejak itulah saya memutuskan untuk menjadi seorang desainer”, ungkapnya melalui surat elektronik.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Niatnya ini kemudian dibuktikannya dengan masuk untuk menekuni tekadnya di Musashino Art University, Jepang. Lalu saat kuliah, Kunimoto merasakan krisis minyak di era tahun 1970-an di mana industri otomotif saat itu terkena dampaknya. Kunimoto percaya jika industri otomotif ini akan tetap bertahan dan terus berkembang, dan saat itulah ia memutuskan bahwa otomotif-lah yang akan menjadi fokus desainnya.
 
45 Tahun Ketekunan Tsunehiro Kunimoto Menjadi Desainer Kendaraan
 
“Saya percaya di masa depan orang tetap membutuhkan pengalaman berkendara meski teknologi mobil sudah lebih canggih. Mobil di masa depan tetap akan memiliki desain yang bagus dan juga sistem yang modern. Hal-hal seperti ini yang membuat saya tertarik menjadi desainer mobil” jelasnya.
 
Tercatat hingga kini, Kunimoto sudah menjalani pekerjaanya sebagai desainer kendaraan selama 45 tahun. Di 2014, dia bergabung dengan Mitsubishi dan mendapatkan tugas untuk membuat desain yang sesuai dengan harapan konsumen mereka.
 
Kunimoto menjelaskan perbedaan desain mobil sekarang dengan awal-awal ia menjadi desainer mobil. Awal karirnya mendesain mobil, konsumen akan melihat pada desain yang unik, inovatif dan sangat berbeda. Namun sekarang, dengan adanya ekspansi di industri otomotif, selain desain yang berbeda, unik dan inovatif, konsumen juga memikirkan fungsi dan daya tahan serta keamanan kendaraan.
 
“Perubahan seperti itu membuat saya berkembang, sekarang satu merek dapat membuat satu desain utama yang dapat diaplikasikan terhadap banyak kendaraan mereka, demikian juga dengan Mitsubishi. Disinilah tercipta konsep Dynamic Shield yang akan terus bertahan sebagai ciri khas desain Mitsubishi hingga ke depan”, ujarnya.
 
“Dynamic Shield itu dikembangkan dari warisan Mitsubishi yang sudah mengakar sejak dulu. Jadi filosofi saya membuat desain berdasarkan dari warisan tersebut dan menciptakan sebuah identitas dari Mitsubishi. Satu-satunya cara memperkenalkannya adalah melalui tampilan depan dari kendaraan kita.”
 
Sebagai seorang senior yang sudah aral melintang di dunia desain kendaraan, dia pun memberikan sedikit wejangan kepada para desainer muda. "Seorang desainer mobil itu harus bisa membuat sebuah karya yang benar-benar baru dan inovatif tapi tetap bisa menerjemahkan ekspektasi dari konsumen. Itu merupakan sudut pandang yang fundamental bagi seorang desainer."
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif