Jenis bansudah ada batasan masing-masing, sesuai peruntukannya. MTVN/M Bagus Rachmanto
Jenis bansudah ada batasan masing-masing, sesuai peruntukannya. MTVN/M Bagus Rachmanto

Komponen Otomotif

Ketahui Limit Ban Standar di Trek Offroad

Otomotif ban mobil
Ahmad Garuda • 18 Mei 2016 15:38
medcom.id, Jakarta: Melibas mud track atau jalanan berlumpur berat, mau tidak mau harus menggunakan ban tipe pacul/tahu atau ban dengan tapak sangat kasar. Apalagi kalau sudah dikombinasi dengan bebatuan berlumpur atau berpasir, ini tentunya sangat tidak memungkinkan bagi ban tipe biasa.
 
Namun ada kondisi berlumpur yang masih memungkinkan bagi ban standar milik SUV seperti tipe HT (high terrain) untuk jalan berlumpur. Menurut praktisi safety driving sekaligus pereli nasional, Rifat Sungkar, bahwa ada beberapa kondisi jalan berlumpur yang masih bisa dilahap ban tipe standar.
 
“Jalan tersebut adalah jalan berlumpur tanpa kemiringan atau tanpa handycap. Tingkat kedalamannya juga tidak membuat ban sampai kehilangan traksi dengan bagian lintasan yang keras. Sehingga masih bisa dilalui dengan baik oleh mobil dengan menggunakan ban tipe HT,” papar Rifat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Rifat melanjutkan, untuk tipe jalan berbatu dan berpasir pun seperti itu. Jika selama ban masih bisa menggigit pada permukaan jalan dan membuat mobil tetap bergerak pada jalan berbatu dan berlumpur itu, maka itu masih layak. Tapi kalau lebih banyak mengalami selip ketimbang bisa jalan, maka itu adalah limitnya.
 
Faktor lain yang dirasakan cukup berperan adalah teknologi di kendaraan. Rifat menegaskan bahw pada beberapa mobil tipe SUV yang memiliki mode berkendara 4X4 atau berpenggerak empat roda, sudah cukup mumpuni untuk digunakan di trek light offroad. MIsalnya pada Mitsubishi Pajero Sport, atau Toyota Fortuner. Mereka sudah memiliki mode berkendara 4X4 yang cukup bagus dan terintegrasi dalam elektronik yang memudahkan pengendara.
 
Dalam dunia karet bundar, batasan ban sebenarnya sudah cukup jelas. Ada All Terrain atau ban AT, kemudian mud terrain alias MT dan high terrarin atau HT. Ban AT lebih cocok untuk digunakan di jalan aspal atau pemakaian harian. Kemudian MT lebih cocok untuk beraktifitas di jalan tipe offroad (berat dan ringan) dan yang terakhir tipe HT untuk mobil-mobil SUV yang biasa digunakan di trek offroad ringan.
 
(UDA)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif