medcom.id, Pelabuhan Ratu: Perjalanan Jakarta-Pelabuhan Ratu melewati kawasan Cikidang dengan All New Nissan X-Trail pada Jumat hingga Minggu (19-21/12/2014), terasa berat namun tetap seru. Berat ketika akan meninggalkan Jakarta dengan kepadatannya di Jumat malam hingga jalan raya Bogor-Sukabumi yang macet dipenuhi truk-truk besar.
Kondisi hujan sepanjang perjalanan cukup membantu karena mobil ini dilengkapi dengan fitur rain sensor sehingga wiper akan menyala otomatis saat hujan turun. Fitur ini berlaku untuk wiper depan dan belakang. Walau terkadang kurang sensitif ketika hanya hujan rintik-rintik saja.
Anda pun bisa aktifkan fitur Eco Drive dengan menekan tombol yang berada disisi kanan bawah kemudi. Agak susah untuk meraih tombol ini jika belum terbiasa. Respon mesin akan lebih lembut dengan pedal gas harus ditekan lebih dalam untuk mendapatkan akselerasi yang diinginkan. Kami mengaktifkan fitur ini saat kondisi jalan padat.
Kemacetan tak membuat jenuh karena mendengar alunan musik yang bisa diatur dari tombol-tombol di lingkar kemudinya. Badan pun tak cepat lelah, karena setelan kursi depan sudah pakai model elektrik. Asyiknya ada seting lumbar support yang bisa diatur untuk menopang badan Anda.
Perjalanan semakin seru setelah mengarah ke Cikidang. Saya yang terbiasa melewati jalur ini dengan kendaraan roda dua, tentu penasaran jika melewatinya dengan kendaraan roda empat. Apakah akan sulit bermanuver atau sebaliknya.
Well, jalur menuju Pelabuhan Ratu melalui Cikidang memang sangat mumpuni untuk pengujian sebuah mobil. Jalan mulus, rusak, tanjakan, turunan dan tikungan tajam tersedia komplit. Ditambah kabut dan hujan ditengah malam, menambah tantangan sebelum mencapai tujuan akhir.
Nah, disini baru bisa merasakan performa All New Nissan X-Trail sesungguhnya. Fitur Eco Drive sengaja dimatikan untuk merasakan performa dari mesin QR25DE bertenaga 168 daya kuda, berpadu transmisi otomatis CVT.
Feedback lingkar kemudi sangat baik, mudah mengarahkan mobil di tikungan tajam dan berliku. Penerapan chassis control unit yang terdiri dari Active Ride Control, Active Engine Braking dan Active Trace Control, turut membantu kelincahan bermanuver SUV seharga Rp403,5 Juta (on the road Jakarta) ini.
Ditambah fitur ESC (Elektronic Stability Control), mobil tetap berada pada jalurnya. Tanpa ada gejala oversteer ataupun understeer. Maklum, pada jalur Cikidang ini, kami benar-benar memacu dengan kecepatan cukup tinggi di jalan yang tak terlalu lebar. Hanya saja jok berlapis kulitnya kurang mampu membekap pengemudi, sehingga posisi pengemudi sampai bergeser-geser.
Melewati jalur terjal terasa enteng, cukup tekan pedal gas lebih dalam untuk membuat mesin bereaksi cepat supaya tidak kehilangan momentum. Tapi jika ingin lebih responsif, geser tuas trasmisi dari posisi D kekanan, untuk mengatur perpindahan gigi secara manual. Cukup maju-mundurkan tuas untuk merasakan 7 tingkat kecepatan yang diberikan. Indikator posisi transmisi terlihat pada layar di spidometer.
Dengan menempuh jarak total sekitar 350 kilometer, konsumsi bahan bakar yang berhasil diraih 10,5 kilometer per liter (kpl) ketika melaju di jalan bebas hambatan. Jalur luar kota mencatat 8,5 kpl dan terboros 5,2 kpl ketika melewati Cikidang.
Dengan kelincahan dan berbagai fitur canggih yang tertanam di dalamnya, Nissan All New X-Trail 2.5 CVT ini layak dijadikan salah satu pilihan untuk kendaraan Anda.
medcom.id, Pelabuhan Ratu: Perjalanan Jakarta-Pelabuhan Ratu melewati kawasan Cikidang dengan All New Nissan X-Trail pada Jumat hingga Minggu (19-21/12/2014), terasa berat namun tetap seru. Berat ketika akan meninggalkan Jakarta dengan kepadatannya di Jumat malam hingga jalan raya Bogor-Sukabumi yang macet dipenuhi truk-truk besar.
Kondisi hujan sepanjang perjalanan cukup membantu karena mobil ini dilengkapi dengan fitur
rain sensor sehingga wiper akan menyala otomatis saat hujan turun. Fitur ini berlaku untuk wiper depan dan belakang. Walau terkadang kurang sensitif ketika hanya hujan rintik-rintik saja.
Anda pun bisa aktifkan fitur
Eco Drive dengan menekan tombol yang berada disisi kanan bawah kemudi. Agak susah untuk meraih tombol ini jika belum terbiasa. Respon mesin akan lebih lembut dengan pedal gas harus ditekan lebih dalam untuk mendapatkan akselerasi yang diinginkan. Kami mengaktifkan fitur ini saat kondisi jalan padat.
Kemacetan tak membuat jenuh karena mendengar alunan musik yang bisa diatur dari tombol-tombol di lingkar kemudinya. Badan pun tak cepat lelah, karena setelan kursi depan sudah pakai model elektrik. Asyiknya ada seting lumbar support yang bisa diatur untuk menopang badan Anda.

Perjalanan semakin seru setelah mengarah ke Cikidang. Saya yang terbiasa melewati jalur ini dengan kendaraan roda dua, tentu penasaran jika melewatinya dengan kendaraan roda empat. Apakah akan sulit bermanuver atau sebaliknya.
Well, jalur menuju Pelabuhan Ratu melalui Cikidang memang sangat mumpuni untuk pengujian sebuah mobil. Jalan mulus, rusak, tanjakan, turunan dan tikungan tajam tersedia komplit. Ditambah kabut dan hujan ditengah malam, menambah tantangan sebelum mencapai tujuan akhir.
Nah, disini baru bisa merasakan performa All New Nissan X-Trail sesungguhnya. Fitur Eco Drive sengaja dimatikan untuk merasakan performa dari mesin QR25DE bertenaga 168 daya kuda, berpadu transmisi otomatis CVT.
Feedback lingkar kemudi sangat baik, mudah mengarahkan mobil di tikungan tajam dan berliku. Penerapan
chassis control unit yang terdiri dari
Active Ride Control, Active Engine Braking dan
Active Trace Control, turut membantu kelincahan bermanuver SUV seharga Rp403,5 Juta (
on the road Jakarta) ini.

Ditambah fitur ESC
(Elektronic Stability Control), mobil tetap berada pada jalurnya. Tanpa ada gejala
oversteer ataupun
understeer. Maklum, pada jalur Cikidang ini, kami benar-benar memacu dengan kecepatan cukup tinggi di jalan yang tak terlalu lebar. Hanya saja jok berlapis kulitnya kurang mampu membekap pengemudi, sehingga posisi pengemudi sampai bergeser-geser.
Melewati jalur terjal terasa enteng, cukup tekan pedal gas lebih dalam untuk membuat mesin bereaksi cepat supaya tidak kehilangan momentum. Tapi jika ingin lebih responsif, geser tuas trasmisi dari posisi D kekanan, untuk mengatur perpindahan gigi secara manual. Cukup maju-mundurkan tuas untuk merasakan 7 tingkat kecepatan yang diberikan. Indikator posisi transmisi terlihat pada layar di spidometer.
Dengan menempuh jarak total sekitar 350 kilometer, konsumsi bahan bakar yang berhasil diraih 10,5 kilometer per liter (kpl) ketika melaju di jalan bebas hambatan. Jalur luar kota mencatat 8,5 kpl dan terboros 5,2 kpl ketika melewati Cikidang.
Dengan kelincahan dan berbagai fitur canggih yang tertanam di dalamnya, Nissan All New X-Trail 2.5 CVT ini layak dijadikan salah satu pilihan untuk kendaraan Anda.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(UDA)