Volkswagen kembali memulai perakitan di Indonesia. Medcom.id/Ekawan Raharja
Volkswagen kembali memulai perakitan di Indonesia. Medcom.id/Ekawan Raharja

Pabrik Volkswagen Cikampek untuk Fasilitas Perakitan

Otomotif industri otomotif volkswagen
Ekawan Raharja • 03 Oktober 2019 10:48

Jakarta: Volkswagen Indonesia mengumumkan bahwa kini pabrik mereka sudah kembali mulai beroperasi menghadirkan mobil di Indonesia. Saat ini di diketahui pabrik tersebut masih memiliki kemampuan untuk merakit kendaraan yang didatangkan secara completely knocked-down (CKD).
 
Presiden Direktur PT Garuda Mataram Motor, Andrew Nasuri, menjelaskan pabrik mereka ini berlokasi di Cikampek, Jawa Barat. Saat ini pabrik tersebut memiliki luas 60 hektar dengan kapasitas perakitan yang tersedia hingga 6.000 unit mobil per tahun.
 
"Fasilitas produksi yang berdiri di tanah seluas 60.000 meter persegi diharapkan akan mampu memproduksi 6.000 unit Volkswagen setiap tahun, dengan fokus pertama Volkswagen Tiguan Allspace, sebuah mobil keluarga yang cocok untuk pasar Indonesia” lanjut Andrew.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Chief Operating Officer PT Garuda Mataram Motor, Jonas Cendana, menjelaskan untuk saat ini merek mobil asal Jerman ini men-set Tiguan Allspace memiliki jatah perakitan 2.000 unit per tahun. Namun angka ini akan disesuaikan dengan permintaan bila terjadi peningkatan penjualan di tanah air.
 
Pabrik Volkswagen Cikampek untuk Fasilitas Perakitan
 
"Kapasitas kita 6.000 unit per tahun, tetapi kita mengerti secara keseluruhan tidak melulu Tiguan. Kita set di 2.000 unit per tahun, kita lihat lagi nanti," ujar Jonas Cendana.
 
Ucapan Jonas ini menjadi sinyal juga bahwa pabrik ini akan merakit model lain dari mobil Volkswagen. Tetapi sayangnya dia masih bungkam mengenai rencana model lain yang akan dirakit di Indonesia.
 
Untuk saat ini, Tiguan Allspace didatangkan dari Meksiko dalam bentuk terurai dan kemudian dirakit di Cikampek. Kemudian Jonas juga mencoba berusaha agar Tiguan Allspace ini memiliki kandungan komponen lokal.
 
"Lokal sementara masih negosiasi (dengan Volkswagen di Jerman), mana yang bisa dilokalisasi. Kita ingin mencapai semaksimal mungkin soal CKD."
 
Volkswagen yakin Tiguan Allspace dapat mencuri perhatian konsumen karena memiliki konfigurasi tujuh penumpang dengan banderol Rp598 juta (on the road Jakarta), dan kini sudah mulai didistribusikan kepada konsumen. Tiguan Allspace bisa menjadi pilihan bagi konsumen yang mencari SUV tujuh penumpang seperti Honda CR-V dan Hyundai Santa Fe.


 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif