Format penilaian sebuah kontes audio mobil berbasiskan website, lebih mudah, akurat dan arsipnya bisa diakses, medcom.id/Ahmad Garuda
Format penilaian sebuah kontes audio mobil berbasiskan website, lebih mudah, akurat dan arsipnya bisa diakses, medcom.id/Ahmad Garuda

Audio Mobil

Car Audio Network, Wadah Digital Pemain Audio Mobil

Otomotif audio mobil
Ahmad Garuda • 22 Januari 2020 09:28
Jakarta: Car Audio Network (CAN) memang bukan hal baru di Indonesia, lantaran model digitalisasi ini lahir lima tahun lalu. Adalah Wahyu Tanuwidjaja, pakar audio mobil ternama yang menjadi dalangnya. Ia punya mimpi besar untuk membawa industri car audio dunia bersinar terang.
 
Tentu tidak mudah, lantaran pasar otomotif termasuk aksesoris aftermarket seperti car audio tidak dalam kondisi yang baik. Namun menurutnya, jika tidak ada gebrakan untuk membuat sistem yang membuatnya lebih hidup, maka bisnis car audio bisa mengalami stagnasi atau bisa menurun peminatnya.
 
Meski basis CAN ini sudah cukup lama dibangun, namun perubahan demi perubahan dilakukan untuk menyesuaikan dengan kebutuhan. Termasuk format yang bisa dimanfaatkan semua pihak yang terkait dengan car audio seperti manufaktur, distributor, retailer dan installer agar bisa berinteraksi dalam satu media digital dengan berbasis website.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Car Audio Network, Wadah Digital Pemain Audio Mobil
 
"Jadi melalui CAN ini produsen car audio bisa memberikan informasi tentang peluncuran produk barunya, lalu instalatur bisa pamer karya hasil intalasinya, bahkan di bagian kompetisi car audio, peserta dan juri bisa eksis dengan memperbarui halaman mereka. Mengingat ini adalah ope platform untuk mereka yang memang tertarik untuk bergabung," klaim Wahyu dalam sesi training dan pelatihan tahap awal di Swiss-Bell Hotel Kemayoran pada Senin (21/1/2020).
 
Ia melanjutkan alasan lainnya membuat sebuah platform terbuka berbasis website adalah untuk keperluan pendataan dan penilaian kontes dengan hasil yang lebih akurat. Lantaran penilaian dilakukan berdasarkan masukan dari hasil pendengaran juri. Kriteria penilaiannya memiliki format tersendiri yang lengkap dengan pilihan angka penilaiannya.
 
"Selama ini kan kalau di kompetisi car audio, kita selalu menggunakan kertas dan aplikasi excel untuk merekap pemenang. Setelah itu hasilnya disimpan secara fisik dan tidak pernah dibuka kembali. Melalui model online scoring ini, selain akurat dan cepat, pengarsipannya juga terjaga. Bisa diakses untuk melihat bagaimana seorang juri melakukan penilaian terhadap kualitas sebuah car audio yang sudah terpasang."
 
Dalam format penilaian yang diberikan secara online scoring, tentunya diatur sedemikan rupa agar soal bisa benar-benar terjawab dengan akurat. Untuk keperluan penjurian, lagu-lagu yang menjadi soalnya sengaja diambil per sequence agar juri bisa lebih fokus melakukan penilaian.
 
Uniknya, CAN adalah format digital pertama di dunia untuk car audio yang bisa diakses oleh semua negara. Selain sebagai wadah, juga jadi format baru untuk membuat industri dan kompetisi car audio di sebuah negara agar tetap hidup. Termasuk jaringan, dengan membangun ekosistem yang tepat.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif