Mercedes-Benz Maybach S600 Guard, bakal jadi mobil baru Presiden RI Joko Widodo. Mercedes-Benz
Mercedes-Benz Maybach S600 Guard, bakal jadi mobil baru Presiden RI Joko Widodo. Mercedes-Benz

Mercedes-Benz S600 Bakal Mobil Baru Jokowi di 2020

Otomotif mercedes-benz
M. Bagus Rachmanto • 10 Desember 2019 17:25
Jakarta: Presiden Joko Widodo akan menggunakan dua mobil dinas baru pada periode kedua pemerintahannya. Mobil tersebut bermerek Mercedes Benz S600 Guard.
 
Kementerian Sekretariat Negara menyebut kendaraan VVIP itu kan datang akhir tahun ini. Kendaraan tersebut akan menunjang pekerjaan Jokowi yang gemar blusukan ke berbagai wilayah di Indonesia.
 
"Saya mendengar tahun ini dua unit dulu khusus untuk mobil Presiden. Ya kalau datangnya akhir tahun, mungkin awal tahun (dipakai)," kata Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono di Plaza Sudirman, Kompleks Gelora Bung Karno, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut dia, kendaraan VVIP Kepresidenan idealnya berjumlah 12 mobil. Presiden, ibu negara, wakil presiden, dan istri wakil presiden masing-masing seharusnya memiliki 4 mobil.
 
"Ini kan baru dua mungkin Pak Presiden satu dan Pak Wapres satu. Saya tidak tahu nanti Pak Mensesneg (Pratikno) yang akan mengatur itu. Berarti hanya satu yang baru sisanya kan masih digunakan yang lama," pungkasnya.
 
Deputy Director Sales Operation and Porduct Management Mercedes-Benz Distribution Indonesia, Karyanto Hardjosoemarto mengatakan, mobil dinas baru Jokowi sudah masuk tahap finalisasi dari pabriknya di Jerman.
 
Dikatakan, saat ini pihaknya sedang mengatur jadwal kedatangan Mercedes-Benz S600 Pullman Guard, bersama dengan Sekretariat Negara. Sehingga, mobil tersebut bisa menemani tugas kenegaraan.
 
"Jika tidak ada halangan, akhir bulan ini sudah bisa di bawa ke sini. "Harusnya, tidak lama lagi Presiden sudah bisa menggunakan kendaraan baru," ujarnya
Ditemui di acara peluncuran New GLC dan New GLE di pabrik perakitan Wanaherang, Bogor, Jawa Barat, Selasa (10/11/2019).
 
Sebagai mobil presiden tentu memiliki spessifikasi berbeda dari kendaraan yang diproduksi massal. Sebab, mobil yang bakal ditumpangi Jokowi, Mercedes-Benz S600 ini diklaim berlapis baja dengan tingkat resistensi Eropa B6/B7, yang dapat menahan tiga tembakan senapan militer M60, M14, atau FAL-FN, serta tembakan senjata kecil seperti M16, dan 357 Magnum. Selain itu, juga memberikan perlindungan terhadap fragmen yang muncul dari ledakan. Adopsi perlindungan ini menggunakan VR9.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif