Paten suspensi untuk mobil listrik yang dikembangkan oleh BMW. BMW
Paten suspensi untuk mobil listrik yang dikembangkan oleh BMW. BMW

Teknologi Otomotif

Unik, Suspensi Ini Bisa Nge-cas Baterai Mobil Listrik

Ekawan Raharja • 06 Desember 2022 12:00

Muenchen: Jalanan yang bergelombang terasa menyebalkan bagi penumpang, dan bisa menimbulkan kerusakan serius kala terus-terusan dilalui. Namun di satu sisi, ternyata jalanan yang bergelombang ini bisa dimanfaatkan oleh mobil listrik untuk ngecas baterai yang sudah mulai berkurang isinya.
 
BMW berinovasi dengan menciptakan sebuah sistem suspensi yang bisa mengecas baterai mobil listrik. Secara mudahnya berdasarkan paten yang beredar, suspensi ini akan mengubah energi yang dihasilkan guncangan menjadi energi listrik untuk disalurkan ke dalam baterai.
 
Sedangkan rincinya adalah Sistem suspensi bekerja meredam getaran atau guncangan, gerakan vertikal yang dihasilkan akan dikonversikan menjadi energi listrik. Energi tersebut selanjutnya akan disimpan dalam baterai.
 
Prinsip kerjanya mirip dengan sistem pengereman regeneratif, yakni mengubah energi kinetik menjadi energi listrik. Energi ini kemudian dapat disimpan di baterai mobil listrik 12V atau di baterai traksi tegangan tinggi di mobil listrik.
 
Teknologi itu dihadirkan oleh BMW bertujuan untuk dapat membantu konsumen dalam segi efisiensi konsumsi daya pada mobil listrik buatannya. Hal ini dinilai sebagai sumber daya mobil listrik yang efisien, terlebih dihasilkan dari sistem komponen mobil listrik tersebut.
 
Tapi, tentunya teknologi ini bukanlah sesuatu yang murah jika sudah akan diproduksi secara massal. Nah kira-kira teknologi seperti ini akan digunakan di mobil seperti apa ke depannya?

 


 
(ERA)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif