Hino Dutro Z EV. Hino
Hino Dutro Z EV. Hino

GIIAS 2022

Tak Mau Kalah, Hino Dutro Z EV Unjuk Gigi

Ekawan Raharja • 13 Agustus 2022 13:00
BSD City: Hino menunjukan visi mereka untuk melangkah ke elektrifikasi di masa depan. Oleh sebab itu, merek asal Jepang ini memamerkan Hino Dutro Z EV yang rendah emisi gas buang.
 
Kehadiran ini sekaligus menjadi jawaban mereka menghadapi era kendaraan listrik yang menjadi tren di masa mendatang. Terlebih kompetitor mereka, Mitsubishi Fuso, sudah memamerkan eCanter.
 
Dutro Z EV menggunakan baterai Lithium Ion dengan kapasitas 40 kWh untuk penyaluran tenaga ke motor listrik. Alhasil, truk ini tergolong ramah lingkungan atau zero emission serta suara dan getaran yang halus.
 
Selain itum para insinyur di Jepang menyediakan sistem pengecasan baterai melalui arus AC yang membutuhkan waktu 5 jam, atau quick charging dengan arus DC yang membutuhkan waktu cukup 1 jam. Catatan resmi perusahaan menunjukan truk ini bisa berjalan hingga 100 KM dalam sekali pengisian dengan mengangkat beban 1 ton.
 
Kemudian Dutro Z EV memiliki sasis rendah untuk mempermudah keluar masuk barang dan mempermudah pengemudi memasuki kabin.
 
Selain itu, terdapat banyak fitur–fitur keselamatan yang disematkan seperti Pre-Collision Safety (PCS) untuk memberi peringatan ketika kemungkinan terjadi tabrakan dari depan, Electric Parking Brake, Clearance Sonar untuk mendeteksi hambatan ketika mobil digas secara mendadak karena salah injak pedal, The Erroneous Start Prevention Function sebagai pencegahan kesalahan menekan pedal gas dan rem, serta Lane Departure Warning System (LDWS) yang merupakan sistem alat bantu keselamatan pada kendaraan yang dapat mendeteksi perpindahan jalur secara mendadak.
 
Pada GIIAS 2022, total Hino menampilkan 6 unit kendaraan mulai truk dan bus di booth seluas 760 meter persegi. Unit yang juga menjadi perhatian di pameran kali ini adalah Hino Ranger FM 280 JD Mining Spec yang menjadi market leader dalam 22 tahun terakhir.
 
"Kami menghadirkan berbagai kendaraan untuk membantu para pengusaha perkebunan, pertambangan, logistik, hingga transportasi. Kami turut memperkenalkan model terbaru yang akan segera hadir," kata Presiden Direktur PT Hino Motors Sales Indonesia, Masato Uchida, di GIIAS 2022.

 
(ERA)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif