Red Bull Racing Pakai Honda di F1 2019
Red Bull Racing bakal pakai mesin dari Honda mulai musim kompetisi Formula 1 2019. Racefans
Woking: Keberhasilan tim Toro Rosso menggunakan mesin Honda, ternyata menjadi penilaian positif bagi tim Red Bull Racing. Mereka bahkan secara resmi memberikan konfirmasi bahwa tahun depan mereka akan beralih dari mesin Renault ke mesin Honda.

Tentu ini bukan sebuah kejutan besar. Mengingat mereka memang sudah berhubungan di akhir 2017, ketika status pengguna mesin dari tim McLaren tak diperpanjang lagi. McLaren mengeluhkan tentang riset yang dilakukan oleh Honda terkesan lamban dan tidak mampu memenuhi target kompetitifitas yang ditetapkan tim yang berbasis di Inggris itu.

Pengumuman tentang resminya tim Red Bull Racing akan beralih dari Renault ke Honda ini dilakukan pada Selasa (19/6/2018) kemarin. Prinsipal tim tersebut, Christian Horner menegaskan bahwa kerja sama dengan Honda ini mereka lakukan bukan hanya untuk meraih kemenangan seri saja. Tapi target mereka selalu tinggi yaitu meraih titel juara dunia pembalap, tim dan konstruktor.


"Kami menjadi kerja sama untuk jangka waktu panjang dengan Honda, sebagai babak baru dalam sejarah perjalanan tim ini. Tentunya kami punya target tinggi untuk meraih kemenangan seperti juara dunia pembalap, tim dan konstruktor. Alasan kami memilih Honda karena mereka punya komitmen besar dalam balap Formula 1 ini," bangga Horner.

Hal yang membuat mereka sangat optimis adalah prestasi yang diraih tim Toro Rosso saat menggunakan mesin dari Honda, cukup baik. Kerja sama dengan skuad kedua Red Bull Racing itu bahkan mampu melakukan peningkatan yang baik dalam hal prestasi dan riset. Jika dibandingkan dengan pencapaian tim McLaren di awal kerja samanya dengan Honda pada musim kompetisi 2015, mereka hanya mampu finis di zona poin sebanyak dua kali. Sementara tim Toro Rosso finis 2 kali di zona poin.

Tahun lalu, bahkan pencapaian McLaren menggunakan mesin Honda sangat mengecewakan, karena dalam tujuh seri pertama, tak sekali pun mereka finis di zona poin.

Artinya kerja sama antara Red Bull dan Toro Rosso memperlihatkan hasil yang lumayan bagus. Horner menegaskan dalam beberapa kesempatan bahwa tahun depan mereka punya target mempertahankan performa yang ada saat ini.

"Kerja sama dengan dua tim balap di F1, menjadi indikasi bahwa kami bisa melakukan riset lebih cepat untuk mengejar ketertinggalan performa. Kami berterima kasih banyak kepada tim Red Bull karena pencapaian kesepakatan yang kami rasa adil untuk semua. Kami siap memberikan yang terbaik," sambung President & Representative Director of Honda, Takahiro Hachigo.

Meski demikian, nama tim yang diemban tim tersebut masih Aston Martin Red Bull Racing. Apakah mereka mampu mencapai target yang seperti yang mereka canangkan saat ini? Kita lihat saja.



(UDA)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360