DFSK Mini EV. DFSK
DFSK Mini EV. DFSK

Industri Otomotif

Filipina "Cukur Habis" Pajak Kendaraan Listrik Jadi 0%

Ekawan Raharja • 30 November 2022 13:00
Manila: Filipina tidak mau ketinggalan untuk mendorong penggunaan kendaraan listrik di dalam negeri. Salah satu anggota ASEAN tersebut diketahui sedang mempersiapkan peraturan perpajakan baru untuk memperingan harga kendaraan listrik.
 
Negeri Mutiara Laut Orien saat ini sedang menyiapkan regulasi baru yang akan memberikan insentif fiskal untuk kendaraan listrik. Tidak tanggung-tanggung, pajak kendaraan listrik kemudian dicukur habis menjadi nol persen.
 
Presiden Filipina, Ferdinand R Marcos Jr., akan menandatangani perintah eksekutif terkait pemangkasan tarif impor kendaraan listrik dan komponennya. Hal itu disampaikan oleh Sekretaris Perencanaan Sosial Ekonomi, Arsenio Balisacan, dan kemudian disiarkan melalui kantor berita Filipina.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Penurunan pajak ini akan diperuntukan bagi kendaraan full listrik dengan skema completely build up (CBU). Sedangkan untuk mobil berteknologi hybrid tidak mendapatkan insentif tersebut.
 
Balisacan mengatakan Dewan Otoritas Ekonomi dan Pembangunan Nasional (NEDA) mendukung Marcos melakukan penyesuaian tarif kendaraan listrik untuk mobil, bus, mini-bus, van, truk, sepeda motor, becak, skuter, dan sepeda.
 
"Perintah eksekutif bertujuan untuk memperluas sumber pasar dan mendorong konsumen untuk mempertimbangkan memperoleh kendaraan listrik, meningkatkan keamanan energi dengan mengurangi ketergantungan pada bahan bakar impor, dan mendorong pertumbuhan ekosistem industri EV domestik," kata Balisacan.
 
Saat ini kendaraan listrik yang dimasukkan ke Filipina dari negara ASEAN memang sudah dikenakan tarif nol persen karena adanya perdagangan bebas. Namun dari negara lain, pajak kendaraan listrik mencapai 30 persen. Insentif ini jelas akan menguntungkan produsen kendaraan listrik seperti dari Tiongkok, Jepang, dan Korea Selatan.
 
"Kami akan meninjau dampak dari kebijakan baru ini setelah satu tahun dan kami akan melihat bagaimana kami mengkonfigurasi ulang sistem pada saat itu," kata Balisacan.
 
(ERA)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif