Jeep Modular Concept by Le Yang Bai. Carsccops
Jeep Modular Concept by Le Yang Bai. Carsccops

Ini Dia Pesaing Suzuki Jimny dari Jeep

Otomotif jeep mobil konsep
M. Bagus Rachmanto • 16 Desember 2019 09:57
Amerika Serikat: Diperkenalkan sejak 2016 lalu, kehadiran Suzuki Jimny baik di pasar lokal maupun luar negeri bisa di bilang melenggang mulus, lantaran sangat minim pesaing yang bermain di segmen ini. Di dalam negeri mobil ini bersaing dengan Mini SUV Jeep Renegade.
 
Kabar terbaru datang dari Jeep yang saat ini sedang mempersiapkan kendaraan off-road ultra-kompak sebagai pesaing langsung Suzuki Jimny di pasar global. Nantinya Jeep baru yang akan ditempatkan di bawah Renegade.
 
Seperti diberitakan Carscoops, Kepala Pemasaran Jeep Eropa, Marco Pigozzi mengatakan, panjang baby Jeep ini sekitar empat meter (13 kaki), sedikit lebih panjang dari Jimny yang memiliki 3,64 meter (11,9 kaki). "Mobil ini kami rancang sebagai kendaraan sehari-hari."

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sebelumnya, Jeep mengumumkan seluruh line-up mobilnya pada 2022 akan dikembangkan dan dibekali mesin bertenaga listrik. Namun, untuk model terbaru ini tidak mungkin Jeep memiliki banyak kekuatan terkait ukurannya yang kecil. Sumber tenaga mobil itu pun juga masih misteri.
 
Tapi, jika melihat penggabungan antara PSA Group dan Fiat Chrysler Automobiles, tidak menutup kemungkinan jika kendaraan tersebut dapat menggunakan arsitektur Common Modular Platform yang sama dengan versi listrik Peugeot 208, Vauxhall Corsa, dan DS3 Crossback.
Ini Dia Pesaing Suzuki Jimny dari Jeep
Jeep Modular Concept
 
Sebagai gambaran, di Indonesia Suzuki Jimnny dipasarkan di kisaran harga Rp350 jutaan. Adapun untuk harga Jeep Renegade di Dalam Negeri saat ini dibanderol mulai dari Rp599 juta untuk harga Longitude dan Rp699 juta untuk produk Limited.
 
Jika menilik harganya, Suzuki Jimny memiliki harga lebih murah jika dibandingkan dengan Renegade. Namun bicara soal dapur pacu, Renegade memiliki tenaga lebih besar, lantaran dibekali mesin berkapasitas 1.4 liter jenis multi Air Turbo empat silinder dengan torsi maksimum 160 tk dan torsi 29,4 Nm transmisi Sembilan percepatan. Sedangkan Suzuki Jimny terbaru hanya dipersenjatai mesin bensin 1.3 liter dengan tipe M13A dengan penggerak 4 WD. Mesin tersebut hanya mampu menghasilkan tenaga 83 tk pada 6.000 rpm serta torsi 110 NM pada putaran 4.100 rpm. Mesin ini dikawinkan dengan transmisi otomatis empat percepatan dan transmisi manual lima percepatan.
 
Jika memang Jeep dapat memasukkan model konsepnya ini ke jalur produksi, diyakini akan menjadi kendaraan menyenangkan di jalan raya, seperti Wrangler. Konsep yang digambarkan ini merupakan hasil karya desainer Le Yang Bai
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif